Penting Untuk Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Sumber Energi Tinggi Selama Menyusui

Masa-masa menyusui harus didukung dengan asupan makanan yang bergizi supaya pertumbuhan dan perkembangan bayi tidak akan terganggu. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi selama menyusui akan menghasilkan air susu (ASI) yang melimpah dan berkualitas. Selain itu, makanan yang bergizi akan memaksimalkan energi selama menyusui dan menjaga kesehatan.

Penting Untuk Mengkonsumsi Makanan Yang Mengadung Sumber Energi Tinggi Selama Menyusui

Pada kesempatan ini kita akan berbagi informasi dan memberikan rekomendasi tentang makanan yang mengandung sumber energi tinggi untuk dikonsumsi selama menyusui.

Roti gandum

Roti yang terbuat dari gandum utuh sangat baik untuk dikonsumsi selama menyusui karena mengandung asam folat. Kandungan asam folat sangat berguna untuk perkembangan bayi. Selain asam folat, gandum juga sangat kaya akan serat dan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda selama menyusui. Mengkonsumsi roti gandum selama menyusui akan menambah energi dan menghindarkan Anda dari kelelahan.

Telur

Kandungan vitamin D pada kuning telur sangat bagus untuk menjaga kekuatan tulang Anda dan perkembangan tulang bayi. Selain itu, kandungan protein telur sangat bagus untuk membangun energi selama menyusui.

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung lemak yang disebut dengan DHA. Kandungan DHA tersebut berguna untuk perkembangan sistem saraf pada bayi. Selain itu, mengkonsumsi ikan salmon selama menyusui akan menambah dan membangkitkan energi Anda.

Daging sapi

Daging sapi tanpa lemak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama menyusui. Kandungan zat besi pada daging sapi akan menambah energi selama menyusui sehingga Anda bisa memberikan ASI secara ekslusif untuk bayi tanpa merasa kelelahan. Selain itu, daging sapi juga mengandung vitamin B-12 yang merupakan sumber nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi.

Susu rendah lemak

Mengkonsumsi susu yang rendah lemak atau produk olahan susu akan bermanfaat untuk menambah energi selama menyusui. Selain itu, produk susu yang rendah lemak akan sangat berguna untuk perkembangan tulang bayi karena mengandung kalsium, vitamin D, vitamin B dan protein. Produk olahan susu yang bisa Anda konsumsi diantaranya yoghurt dan keju.

Sayuran hijau

Kandungan vitamin A pada sayuran hijau seperti bayam dan brokoli sangat berguna untuk menjaga kesehatan Anda dan bayi. selain itu kandungan vitamin C dalam sayuran bermanfaat sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas. Mengkonsumsi sayuran selama menyusui akan membuat kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

Buah-buahan

Buah-buahan mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama menyusui. Ibu yang sedang menyusui membutuhkan asupan vitamin C yang lebih banyak dan semua itu bisa diperoleh dari buah-buahan seperti jeruk.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang sangat bagus untuk ibu yang sedang menyusui karena mengandung zat besi dan protein. Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai nutrisi tambahan selama menyusui untuk menambah energi dan memenuhi nutrisi bayi.

Air mineral

Pada waktu menyusui tentunya seorang ibu memerlukan lebih banyak cairan untuk menjaga produksi ASI dan menjaga tingkat energi. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga asupan cairan selama menyusui. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu dengan rutin mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas setiap harinya. Selain itu, Anda juga bisa menambah asupan cairan dengan mengkonsumsi jus buah-buahan. Asupan cairan yang terjaga akan membuat energi tetap stabil dan terhindar dari rasa lelah selama mengurus dan menyusui bayi.

Related Posts

Share This