Penting Untuk Mengenali Tahap Perkembangan Emosi Pada Balita

Emosi merupakan salah satu aspek dasar yang dimiliki oleh setiap orang dan merupakan sifat bawaan sejak lahir. Emosi berguna bagi manusia sebagai indikator kondisi internal dan eksternal dari diri mereka. Pola perkembangan emosional sudah ada sejak bayi dan menjadi dasar dari kepribadian seseorang. Seiring dengan bertambahnya usia bayi maka tingkat emosional juga akan mengalami perubahan mengikuti tahapan usia.

Emosi Pada Balita

Tingkat perkembangan emosional sangat erat kaitannya dengan pembentukan kepribadian seseorang. Maka dari itu perkembangan emosional pada anak harus mendapat perhatian yang optimal sejak masih bayi sehingga akan terbentuk kepribadian yang menunjang segala aspek kehidupan. Tingkat emosional yang optimal akan mempengaruhi perkembangan dan kecerdasan otak anak.

Berikut Tahapan Emosional Pada Balita Yang Harus Anda Kenali

  • Bayi dibawah 6 bulan

Bayi yang baru lahir akan menunjukan tingkat emosional dengan cara yang sederhana. Usia bayi dibawah enam bulan merupakan periode bagi Anda untuk membangun ikatan batin dengan bayi. Pada usia tersebut bayi sudah memiliki kemampuan untuk tersenyum dan menangis sebagai isyarat atas apa yang dirasakannya. Bayi akan memiliki ikatan sosial dengan setiap orang yang sering ditemuinya dan lama kelamaan bayi akan mengenalinya. Bahasa isyarat yang disampaikan bayi ketika lapar atau tidak nyaman yaitu berupa tangisan.

  • Bayi usia 6 bulan – 1 tahun

Seiring dengan bertambahnya usia bayi maka tingkat emosionalnya semakin meningkat dan kemampuan bayi dalam mengekspresikan emosionalnya sudah semakin baik. Kini bayi sudah bisa mengeksplorasi tingkat emosional seperti ketakutan ataupun menginginkan sesuatu. Ketika memasuki usia satu tahun, anak Anda sudah menunjukan perilaku yang mengagumkan dan memilikikemampuan dalam mengantisipasi suasana hatinya.

  • Bayi usia 2 tahun

Kini si kecil sudah menginjak usia 2 tahun dan perkembangannya sudah sangat pesat ditandai dengan meningkatnya kemampuan anak. Pergerakan si kecil sudah sangat aktif dan mulai belajar bersosialisasi. Perlu Anda ketahui, pada usia ini si kecil memiliki kemampuan untuk meniru dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Oleh karena itu pada tahapan ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk memberikan pendidikan dasar atau pendidikan moral. Anda bisa mengajarkan mana yang baik dan mana yang tidak boleh dilakukan sebagai langkah awal pendidikan bagi si kecil.

  • Anak usia 3 – 5 tahun

Perkembangan emosi pada tahapan ini sudah sangat beragam dan bervariasi seperti ekspresi sedih, marah dan gembira. Anda harus menerapkan pola asuh yang optimal dan memberikan contoh yang baik pada anak. Hal ini karena pada usia tersebut akan sudah memiliki kemampuan dalam mengartikan dan memahami sikap Anda, walaupun anak belum bisa membedakan.

Peran penting Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan dalam membantu perkembangan kecerdasan emosional anak di setiap tahap perkembangannya. Cara terbaik dalam mendukung perkembangan emosional anak adalah dengan menerapkan disiplin positif secara bertahap dan menetapkan aturan secara konsisten.

Related Posts

Share This