Penting Untuk Diketahui Manfaat Dari Kuaci Biji Semangka

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya yaitu untuk memperlancar saluran pencernaan dan mencegah berbagai penyakit berbahaya. Hal ini karena buah semangka mengandung vitamin dan mineral penting. Selain itu buah semangka juga mengandung kadar air cukup tinggi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah dehidrasi. Tahukah Anda selain buahnya ternyata kuaci biji semangka juga bisa dikonsumsi karena memiliki manfaat untuk kesehatan.

Kuaci biji semangka mengandung vitamin B, niasin, thiamin dan folat. Selain itu, kuaci biji semangka kaya akan kandungan posfor, seng, magnesium, mangan, tembaga, kalium dan zat besi. Kuaci biji semangka juga memiliki kandungan serat yang berguna untuk membantu gerakan usus sehingga menyehatkan pencernaan.

Manfaat yang diperoleh dari biji semangka tentunya berbeda dengan manfaat pada buahnya. Biji semangka mengandung asam amino esensial yang baik untuk tubuh. Jenis asam amino tersebut yairu lisin, arginin, sam amino esensial triptofan dan glutamate. Lisin berguna untuk membantu penyerapan kalsium dan pembentukan jaringan ikat serta kolagen.

Arginin berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh, memelihara kesuburan reproduksi dan menjaga kesehatan sistem kerdiovaskular. Disisi lain biji semangka lkaya akan kandungan magnesium yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung, sintesis protein, menjaga tekanan darah dan mengatasi penyakit jantung.

Disamping itu, magnesium juga membantu mengatur metabolisme karbohidrat sehingga kadar gula dalam darah senantiasa seimbang dan terkontrol. Kandungan vitamin B pada biji semangka seperti tiamin, folat, riboflavin, niasin dan vitamin B berfungsi untuk memelihara kesehatan sistem saraf, kesehatan kulit dan sistem pencernaan.

Bahkan di beberapa negara menggunakan biji semangka untuk diekstrak dan diambil minyaknya. Manfaat minyak biji semangka yaitu untuk memelihara kesehatan kulit karena mengandung minyak esensial. Jika diaplikasikan pada kulit maka senantiasa akan terlihat lebih sehat dan bahkan menjaga elastisitas kulit.

Produk dari minyak semangka juga bisa dimanfaatkan dalam perawatan rambut. Kandungan minyak esensialnya membantu memelihara dan menjaga kesehatan rambut. Pengaplikasiannya cukup mudah yaitu dengan dioleskan pada rambut secara merata dan dilakukan dengan teratur. Hasil yang optimal akan Anda peroleh ketika pemakaian rutin dan teratur.

Setelah mengetahui manfaatnya yang luar biasa maka sebaiknya Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi biji semangka sebagai cemilan ketika bersantai atau nonton tv. Cemilan sehat kaya manfaat ini memang belum terlalu popular, namun tidak ada salahnya jika kita mencobanya karena kandungan nutrisinya tidak perlu diragukan lagi.

Nah, demikian manfaat mengkonsumsi kuaci biji semangka. Semoga ulasan yang penulis sajikan ini menjadi sumber inspirasi bagi Anda dalam menghadirkan cemilan sehat. Cemilan dari biji semangka lebih baik dibandingkan dengan makanan ringan lain yang belum tentu kandungan gizinya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517