Penting! Inilah Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil

Memasuki masa kehamilan, seorang wanita akan dihadapkan dengan berbagi perubahan, baik itu yang berkaitan dengan kondisi fisik ataupun psikis. Tentunya perubahan tersebut dipengaruhi oleh hormone kehamilan. Keluhan seputar kehamilan bukan lagi menjadi fenomena yang asing. Salah satu yang paling banyak dialami oleh ibu hamil yaitu susah tidur pada malam hari. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis akan mengulas dan berbagi tips tidur nyenyak saat hamil.

Istirahat pada malam hari penting sekali bagi setiap orang, terutama ibu hamil. Kualitas tidur yang baik akan menunjang tumbuh kembang janin dan menjaga kesehatan ibu hamil. Jika kualitas tidur terganggu maka sangat dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan ibu hamil sehingga perkembangan janin terganggu.

Berikut Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil

Kesulitan tidur yang dialami oleh ibu hamil salah satunya dipengaruhi oleh posisi tidur yang tidak nyaman. Nah, langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memperoleh tidur nyenyak yaitu menentukan posisi yang nyaman dan menciptakan suasana ruangan senyaman mungkin. Lebih lengkapnya simak tips berikut ini!

  1. Jika Anda kesulitan tidur malam, cobalah untuk membasuh tubuh dengan air hangat. Cara ini dinilai efektif untuk merelaksasi otot-otot tubuh sehingga Anda merasa lebih nyaman.
  2. Hindari makan terlalu banyak sebelum waktu tidur. Konsumsilah makanan ringan beberapa menit sebelum tidur. Disamping itu, Anda juga bisa mengkonsumsi minuman hangat sebelum tidur untuk membuat pikiran lebih rileks.
  3. Susu coklat hangat bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Pilihlah jenis susu yang mengandung asam amino tryptophan karena bagus untuk memperbaiki kualitas tidur Anda.
  4. Putar musik dengan alunan nada santai seperti musik klasik. Hal ini akan memberikan kenyamanan dan membuat pikiran Anda lebih tenang.
  5. Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu berhubungan intim dengan suami. Namun dalam hal ini harus berhati-hati karena beresiko terhadap janin di dalam kandungan.
  6. Latihan pernapasan bisa Anda lakukan untuk mengatasi otot-otot tubuh yang tegang. Disarankan bagi Anda untuk mengikuti latihan meditasi dan kelas yoga.
  7. Hindari aktivitas yang bisa menguras tenaga di siang hari. Hal ini bisa mengakibatkan kualitas tidur Anda terganggu dan berbahaya bagi kesehatan janin.

Nah, demikian tips yang bisa Anda lakukan dalam memperoleh kualitas tidur yang baik saat hamil. Tidur nyenyak akan memberikan dampak positif untuk kesehatan dan juga perkembangan janin di dalam kandungan. Jika Anda sering mengalami masalah dan gangguan tidur sebaiknya jangan mengkonsumsi obat tidur. Alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter.

Disamping itu, penuhi kebutuhan nutrisi harian Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517