Penting! Inilah Efek Kafein Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein nampaknya sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat. Bahkan minuman tersebut sudah hampir menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, minuman yang berkafein seperti kopi dan the kini banyak dikonsumsi terutama pada waktu sarapan pagi atau saat sedang bersantai. Tanpa disadari bahwa efek kafein bagi kesehatan tubuh ternyata sangat membahayakan jika dikonsumsi terus menerus.

Pada dasarnya kita mengenal kafein sebagai suatu bahan stimulant yang mampu mengatasi dan mengusir kantuk di malam hari. Nah, dengan alasan tersebut maka minuman yang mengandung kafein seperti kopi sering menjadi pilihan utama bagi orang yang memiliki kepentingan di malam hari. Lalu benarkah jika ternyata kafein memiliki efek negatif untuk kesehatan tubuh?

Nah, Berikut Ini Sekilas Tentang Efek Kafein Bagi Tubuh

  • Kafein Bisa Mempengaruhi Sitem Saraf

Kebiasaan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein beresiko dalam memberikan dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Bahkan hal ini bisa berdampak cukup ekstrim terhadap jaringan saraf. Dampak yang ditimbulkan yaitu merasa pusing, mual, tangan bergetar dan merasakan kecemasan yang berlebihan. Bahkan  pada kondisi yang lebih parah, hal ini akan berlangsung sepanjang hari.

  • Tidak Menghindarkan Kantuk

Bagi sebagian orang, kafein dipercaya bisa menghilangkan kantuk. Padahal sebenarnya penyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut sebuah riset menunjukan bahwa sebenarnya kafein tidaklah memberikan pengaruh yang berarti terhadap rasa kantuk. Pada dasarnya hal ini lebih berkaitan dengan sugesti dan bukan sepenuhnya pengaruh yang ditimbulkan oleh kafein pada kopi atau teh.

  • Meningkatkan Stres

Asupan kafein yang terus menerus akan memicu produksi hormon adrenalin (stres-cortisol) dari kelenjar adrenal sehingga hal ini akan meningkatkan level kecemasan dan stres. Kondisi tersebut akan menyebabkan penurunan imunitas dan mengakibatkan gangguan emosi. Jika produksi kelenjar adrenal terjadi secara terus menerus maka beresiko terhadap serangan penyakit yang berbahaya.

  • Kafein Membuat Suasana Hati Menjadi Lebih Baik

Mungkin bagi penikmat kopi atau teh, minuman tersebut dianggap bisa memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Hal inilah yang membuat penikmat kopi mengkonsumsinya secara berlebihan. Kopi atau jenis minuman bersoda lainnya myang dikonsumsi melebihi batas yang seharusnya akan menyebabkan berbagai dampak negatif untuk kesehatan tubuh. Anggapan kafein akan memperbaiki mood menjadi lebih baik tidaklah tepat. Lebih jelasnya pernyataan jtersebut hanyalah sebuah sugesti yang kebenaranya masih bersifat relative.

Demikian beberapa pengaruh kafein bagi kesehatan tubuh. Mulai saat ini cobalah untuk membatasi dan mengontrol asupan minuman yang mengandung kafein sebelum menimbulkan efek samping yang fatal untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengganti asupan kafein dnegan minuman yang lebih sehat seperti jus buah, yoghurt ataupun air putih biasa.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517