Penting! Inilah Bahaya Kucing Bagi Ibu Hamil

Bahaya kucing bagi ibu hamil. Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak digemari. Pada saat ini banyak jenis kucing yang dipelihara seperti dari jenis kucing angora, persia dan jenis lainnya. Kucing memang tergolong hewan yang menggemaskan, namun bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya menghindari kucing karena berbahaya bagi kehamilan.

Pakar kesehatan memang menyarankan bagi ibu hamil untuk menghindari kucing. Hal ini karena kucing memiliki virus yang bisa menular dengan mudah sehingga mempengaruhi tumbuh kembang janin dan mempengaruhi kesehatan ibu hamil. Terlebih lagi kotoran kucing sangat rentan menularkan berbagai virus penyakit. Lalu apa saja bahaya kucing bagi ibu hamil?

Resiko Keguguran

Kotoran kucing kemungkinan mengandung parasit tokso yang bisa mengakibatkan ibu hamil mengalami keguguran. Virus tokso yang terdapat pada kotoran kucing bisa menular dengan mudah sehingga menggangu tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Akibat infeksi itersebut janin tidak akan mampu bertahan lama sehingga terjadi keguguran.

Terkena Infeksi Virus Tokso

Virus tokso sangat berbahaya bagi kehamilan dan sebaiknya Anda tidak menyepelekan bahaya dari virus ini. Infeksi virus tokso bisa mengakibatkan janin didalam kandungan meninggal. Bagi wanita yang belum hamil virus tokso akan menyebabkan sulit hamil. Maka dari itu sebisa mungkin hindari interaksi dengan kucing selama menjalani masa kehamilan.

Janin Cacat

Akibat infeksi virus tokso dari kotoran kucing tersebut maka kemungkinan akan menyababkan janin menjadi cacat. Beberapa kasus menyebabkan kelahiran prematur akibat kecacatan tersebut. Hal ini tentunya perlu mendapat perhatian dan hendaknya diwaspadai.

Kerusakan Otak

Apabila tidak menyebabkan keguguran, maka virus tersebut akan menyebar dan merusak fungsi otak. Janin yang bisa bertahan hidup akan mengalami down syndrome sehingga daya berpikirnya lemah. Bahkan dalam sebagian kasus menyebabkan anak yang terlahir akibat infeksi ini mengalami retardasi mental.

Menyebabkan Kerusakan Mata Bayi

Cacat bawaan akan terjadi pada bayi yang terkena infeksi virus tokso. Salah satunya yaitu merusak organ mata. Kondisi terburuknya yaitu menyebabkan mata bayi emnjadi rabun dan bahkan menimbulkan kebutaan.

Mudah Lelah

Virus tersebut bisa menyebabkan sistem imun ibu hamil menurun sehingga mudah lelah. Disamping itu, ibu hamil akan sering sakit-sakitan sehingga hal ini berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin menjadi tidak optimal.

Infeksi Getah Bening

Parasit tokso bisa menginfeksi bagian getah bening. Akibat yang ditimbulkan yaitu terjadi pembengkakan dan peradangan.

Menyebabkan Tuli

Resiko selanjutnya yaitu menyebabkan cacat bawaan pada indera pendengaran. Virus tokso bisa mempengaruhi saraf pendengaran bayi sehingga menyebabkan tuli setelah lahir.

Nah, itulah beberapa bahaya kucing bagi kesehatan ibu hamil. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil menjauhi kucing untuk mencegah resiko pada kehamilan.

Related Posts

Share This