Penting! Batasi Konsumsi Makanan Manis Pada Anak

Setiap orangtua memiliki cara khusus untuk membuat anak tenang ketika rewel. Fenomena yang sering dijumpai yaitu memberikan cokelat atau permen ketika anak menangis. Dengan memberikan makanan tersebut maka beranggapan bahwa anak akan menjadi tenang seketika. Anak-anak memang menyukai makanan manis seperti permen dan coklat. Namun, dalam menjaga kesehatan anak pada masa tumbuh kembangnya sebaiknya Anda mengontrol pemberian makanan manis.

Permen dan cokelat merupakan jenis makanan yang memiliki kadar gula tinggi. Jika dikonsumsi terlalu sering dengan jumlah yang banyak maka beresiko terhadap kesehatan tubuh dan menimbulkan kerusakan pada gigi. Terlebih lagi pada usia kanak-kanak, makanan manis sangat rentan menyebabkan kerusakan pada gigi.

Alasan untuk membatasi asupan makanan manis pada anak karena hal ini bisa menghambat dan menurunkan nafsu makan anak. Mengapa demikian? Hal ini karena makanan manis akan membuat anak kenyang lebih lama sehingga mengganggu asupan makanan yang bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh.  Bahkan menurut sebuah riset menunjukan bahwa makanan manis beresiko terhadap penurunan kualitas tulang, menyebabkan diabetes dan obesitas.

Nah, untuk mencegah dampak buruk dari makanan manis bagi kesehatan anak, maka sebaiknya Anda mulai membatasi asupan makanan tersebut. Berikut tips dan cara yang bisa Anda lakukan!

  • Kenali Gula Tambahan Dalam Makanan Anak

Tidak mengherankan jika sebagian besar makanan anak seperti cokelat dan permen mengandung gula tambahan dalam kadar cukup tinggi. Dalam hal ini Anda dituntut untuk lebih selektif ketika memilih jajanan untuk anak. Anda harus mengontrol atau bahkan menghindari jenis makanan yang mengandung kadar gula cukup tinggi. Anda bisa mengalihkan perhatian anak terhadap makanan tersebut dnegan cara memberikan cemilan yang lebih sehat seperti sereal, puding buah, salad buah dan lain sebagainya.

  • Memilih Minuman Sehat
Baca Juga:  Cara Tepat Menangani Asma Anak

Minuman manis juga termasuk salah satu yang disukai anak. Selektiflah untuk memilih minuman untuk anak. Hindari minuman yang mengandung pemanis buatan dan sebaiknya memilih susu atau jus buah tanpa gula. Jangan menambahkan gula pada susu untuk anak.

  • Pilih Makanan Manis Alami

Solusi lain untuk mencegah dampak buruk dari makanan manis yaitu dengan memlilih makanan manis alami. Misalnya yaitu yoghurt, smoothie, salad buah dan jus buah. Dengan begitu maka perhatian anak Anda untuk mengkonsumsi permen dan cokelat akan teralihkan.

  • Batasi Jajanan Permen dan Cokelat

Jangan melarang anak untuk mengkonsumsi permen dan cokelat karena hal ini justru akan membuatnya semakin penasaran. Dalam hal ini sebaiknya Anda membatasi makanan tersebut dan jangan menghalangi sepenuhnya.

  • Jangan Menenangkan Anak Dengan Permen atau Cokelat

Apabila anak Anda rewel dan marah sebaiknya jangan memberikan permen atau cokelt sebagai penenang. Hal ini akan berdampak buruk terhadap emosi anak yang menganggpa bahwa marah dan rewel akan mendapat hadiah permen dan cokelat. Dengan begitu anak akan mudah rewel untuk mendapatkan makanan tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517