Penting Bagi Wanita Untuk Mengetahui Bahaya Keputihan Berdasarkan Warna Cairan

Keputihan merupakan salah satu bentuk sekresi vaginal pada seorang wanita. Keputihan adalah salah satu masalah kewanitaan yang ditandai dengan keluarnya cairan bukan darah dari organ intim wanita. Ada dua kategori keputihan, yaitu normal dan abnormal. Keputihan yang bersifat normal ditandai dengan keluarnya cairan yang berwarna bening, encer, tidak menimbulkan rasa gatal serta tidak berbau. Sedangkan keputihan yang abnormal akan mengeluarkan cairan yang berwarna kuning kehijauan, bau busuk dan terasa gatal pada organ intim.

Keputihan yang abnormal harus segera ditangani karena bisa membahayakan kesehatan organ intim wanita. Selain itu, keputihan juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan kesuburan pada seorang wanita.

Penting Bagi Wanita Untuk Mengetahui Bahaya Keputihan Berdasarkan Warna Cairan

Berikut Ini Ada Beberapa Jenis Keputihan Yang Harus Diketahui Oleh Wanita

Keputihan dengan cairan berwarna coklat

Jenis keputihan ini biasanya terjadi pada waktu awal kehamilan, haid ataupun pada wanita yang menopause. Hal tersebut merupakan salah satu pertanda adanya adanya suatu penyakit pada alat kelamin. Jenis keputihan tersebut bisa dikategorikan penyakit apabila cairan yang keluar berbau serta menyebabkan rasa sakit pada bagian bokong dan area pinggang. Gejala tersebut harus diwaspadai karena beresiko menimbulkan penyakit kanker serviks.

Keputihan dengan cairan berwarna putih

Keputihan dengan cairan berwarna putih disertai bau tidak sedap dan rasa gatal yang keluar sebelum atau sesudah menstruasi harus diwaspadai karena hal tersebut bisa jadi pertanda adanya infeksi pada organ intim. Untuk mencegah hal buruk terjadi sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter ahli.

Keputihan dengan cairan berwarna hijau

Keputihan jenis ini disebabkan oleh infeksi dari trichomonas vaginalis. Cirri-ciri dari keputihan ini yaitu keluarnya cairan keputihan berwarna hijau dalam jumlah yang banyak disertai rasa sakit dan berbau. Kondisi yang semakin parah akan mengakibatkan rasa gatal dan panas pada organ intim.

Keputihan dengan cairan abu-abu

Cairan keputihan yang berwarna abu-abu disertai bau tidak sedap, rasa gatal dan terjadi pembengkakan pada sekitar organ intim harus segera ditangani karena hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya infeksi berbahaya. Apabila tidak segera ditangani, keadaan tersebut akan semakin parah sehingga akan mengeluarkan cairan yang disertai darah sebagai pertanda adanya infeksi kanker.

Keputihan dengan cairan berwarna kuning

Penyebab dari keputihan ini yaitu adanya infeksi bakteri mycoplasma hominis, bacteroides dan gardnerella. Wanita dengan gaya hidup yang buruk seperti mengkonsumsi alkohol dan merokok, sangat rentan terkena keputihan jenis ini. Bakteri penyebab keputihan jenis ini biasanya menginfeksi organ kewanitaan melalui hubungan seksual.

Itulah beberapa jenis keputihan berdasarkan warna cairan yang harus Anda waspadai. Ciri-ciri umum dari keputihan yang berbahaya yaitu berbau tidak sedap, menyebabkan gatal pada area kewanitaan dan cairannya kental serta tidak bening. Apabila Anda mengalami tanda-tanda tersebut sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517