Penting Bagi Ibu Hamil Untuk Mengetahui Jenis Makanan Yang Dilarang Ketika Hamil Muda

Periode awal kehamilan merupakan saat-saat yang paling rentan. Hal ini karena kondisi rahim dan janin masih belum terlalu kuat. Selain itu, pada awal kehamilan biasanya seorang wanita akan mengalami beberapa gejala yang membuat tidak nyaman seperti pusing, mual, muntah dan kelelahan. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil harus mempunyai jadwal istirahat dan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh serta janin di dalam kandungan.

Penting Bagi Ibu Hamil Untuk Mengetahui Jenis Makanan Yang Dilarang Ketika Hamil Muda

Pada periode awal kehamilan, ibu hamil sebaiknya cermat dalam memilih jenis makanan. Hal ini karena makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan mempengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan. Menjaga Asupan makanan sangat penting untuk dilakukan oleh ibu hamil muda.

Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Pada Periode Awal Kehamilan

Ikan yang terkontaminasi merkuri

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada periode awal kehamilan adalah ikan yang tercemar merkuri (mengandung merkuri). Mengkonsumsi ikan pada waktu hamil memang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi. Akan tetapi, ibu hamil harus cermat dalam memilih jenis ikan karena tidak semua ikan bagus untuk kehamilan. Selain itu, ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan mentah dalam makanan sushi karena bisa berbahaya bagi kesehatan janin. Pada waktu hamil sebaiknya memilih jenis ikan seperti salmon ataupun ikan lele.

Daging yang dimasak setengah matang dan daging olahan

Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi daging yang dimasak setengah matang karena dikhawatirkan mengandung bakteri yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Hindari makanan berbahan dasar daging yang diperoleh dari rumah makan cepat saji. Alangkah lebih baiknya kalau Anda mengolah sendiri daging supaya lebih aman dan terjamin kebersihannya. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya jangan mengkonsumsi daging olahan karena mengandung asam nitrat sebagai pengawet yang bisa membahayakan kesehatan dan perkembangan janin. Pada dasarnya, daging yang dimasak tidak benar merupakan salah satu jenis makanan yang dilarang pada saat hamil muda.

Keju

Keju yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil pada periode awal kehamilan adalah keju yang diolah tidak melalui proses pasteurisasi. Pengolahan keju tanpa proses pasteurisasi beresiko mengandung bakteri yang dapat membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan. Maka dari itu, ibu hamil harus cermat dalam memilih keju untuk dikonsumsi selama hamil.

Telur

Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi telur setengah matang sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut pada waktu hamil. Kebiasaan tersebut tidak baik dan bisa membahyakan kesehatan janin karena telur yang dimasak setengah matang tidak akan membunuh bakteri salmonella.

 Selain itu, bagi ibu hamil yang hobi memasak atau membuat kue, dilarang untuk mencicipi adonan kue karena mengandung telur mentah yang bisa berbahaya bagi kesehatan janin.

Alkohol

Hindari minuman yang mengandung alkohol karena bisa membahayakan kesehatan tubuh dan perkembangan janin. Alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf janin sehingga beresiko menyebabkan cacat fisik dan mental.

Hati ayam dan sapi

Hati memiliki kandungan vitamin A dalam bentuk retinol yang bisa mengakibatkan keguguran pada awal kehamilan. Bagi ibu hamil yang gemar menyantap hidangan dengan bahan dasar hati sebaiknya bersabar selama periode awal kehamilan supaya kesehatan janin tidak terganggu. Apabila kehamilan sudah memasuki usia 4 atau 5 bulan maka Anda bisa mengkonsumsi hati dan tidak akan berbahaya bagi kehamilan.

Makanan yang menyebabkan alergi

Jenis makanan selanjutnya yang harus dihindari ketika hamil muda adalah makanan penyebab alergi. Apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap suatu makanan sebaiknya menghindari makanan tersebut karena apabila Anda terkena alergi, maka janin di dalam kandungan juga akan alergi terhadap makanan tersebut. Maka dari itu sebisa mungkin selama hamil untuk menjauhi makanan yang berpotensi menyebabkan alergi.

Related Posts

Share This