Penglihatan Kabur? Hati-hati Dengan 3 Kelainan Pada Mata yang Mengintai Anda

Penglihatan Anda secara tiba-tiba kabur? Atau bahkan ketajaman dari mata Anda sering berkurang juga kerap kali mengalami masalah penglihatan? Jika hal tersebut sering terjadi pada Anda, Anda harus waspada dengan adanya kelainan pada mata yang siap mengintai Anda kapan saja dan dimana saja.

Kondisi penglihatan kabur atau blurred vision bisa terjadi pada salah satu atau bahkan pada kedua bagian mata Anda secara bersamaan. Dan salah satu penyebab dari penglihatan yang kabur yaitu lamanya menatap layar computer atau gadget. Dan hal tersebut bisa membuat pandangan Anda menjadi kabur.

Namun, jika kondisi tersebut berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, maka Anda harus lebih berhati-hati lagi. Karena ada beberapa jenis kelainan pada mata yang siap mengintai Anda, apa sajakah itu? Berikut uraiannya:

1. Mata Minus (Miopi)

Miopi atau disebut juga dengan rabun jauh adalah salah satu kondisi dimana Anda bisa melihat sejumlah benda yang berada dekat dengan sangat jelas, akan tetapi ketika Anda melihat benda dengan jarak yang jauh, pandangan Anda menjadi kabur. Dan umumnya, kondisi seperti ini bisa didiagnosis ketika seseorang yang mengalami hal tersebut verusia 8-12 tahun.

Dan faktor utama terjadinya mata minus yaitu terlalu lama menatap layar computer atau gadget. Dan untuk mengatasi mata minus ini, Anda bisa menggunakan lensa atau bahkan kaca mata, jika diharuskan, Anda juga bisa melakukan bedah relative.

2. Katarak

Katarak ini merupakan kondisi dimana bagian lensa mata yang bening berubah menjadi sangat keruh. Biasanya kelainan pada mata ini akan terjadi secara perlahan, dengan begitu gejala awal penyakit katarak ini sangat sulit untuk diketahui. Dan salah satu gejala awal dari penyakit katarak ini yaitu kondisi pandangan yang menjadi sangat buram.

Bukan hanya itu, seseorang yang terkena katarak biasanya juga akan merasakan kalau dirinya terlalu peka ketika melihat cahaya atau bahkan adanya halo di sumber cahaya, bahkan apa yang di lihat oleh orang yang mengalami katarak juga selalu dobel. Guna mengatasi kondisi ini, maka operasi merupakan cara yang ampuh untuk mengataisnya.

3. Glaukoma

Glukoma merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi pada mata yang mana memiliki potensi mampu membuat mata menjadi buta, dimana proses kerusakan tersebut menjadi bertahap terhadap serabut saraf yang berada di bagian sarap optic. Dan salah satu jenis penyakit glukoma yang paling umum terjadi yang memang bisa membuat pandangan seseorang menjadi kabur yaitu glukoma sudut tertutup akut. Gejala lainnya yang terjadi dari jenis penyakit ini yaitu kondisi mata yang semakin memerahm sakit di bagian mata, mual yang kerap kali disertai dnegan muntah, serta kerap kali melihat adanya halo di sekitar sumber cahaya.

Bukan hanya adanya kelainan pada mata, pandangan yang menjaid kabur juga bisa terjadi karena adanya pengaruh dari penyakit lainnya, seperti penyakit diabetes, kadar gula darah yang rendah, terjaidnya stroke ringan, anemia, dan jenis penyakit lainnya.

Related Posts

Share This