Penanganan Luka Bengkak Dengan Metode RICE

Tanpa kita sadari terkadang beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan. Faktor penyebabnya sangat beragam seperti trauma akibat benturan, gigitan serangga dan luka karena sebuah kecelakaan. Bahkan ada beberapa pembengkakan yang terjadi akibat dari gangguan kesehatan sehingga hal ini menimbulkan terjadinya ketidakseimbangan cairan tubuh sehingga menyebabkan beberapa penyakit serius. Namun yang akan penulis bahas kali ini yaitu mengenai penanganan luka bengkak dengan metode RICE (Rest, Ice, Compression dan Elevation).

Ketika Anda mengalami pembengkakan pada tubuh akibat dari benturan atau gesekan yang menyebabkan luka, sebaiknya jangan disepelekan. Meskipun pembengkakan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi sebaiknya dilakukan penanganan dengan cara yang benar. Luka bengkak yang tidak sampai berdarah bisa Anda tangani dengan metode RICE.

Metode RICE dinilai lebih efektif untuk mengatasi luka bengkak sehingga tidak berkembang menjadi lebih parah. Penerapan metode RICE dianjurkan untuk dilakukan 24 – 48 jam setelah terjadinya benturan yang menyebabkan luka bengkak. Tujuannya yaitu untuk meminimalkan pembengkakan yang terjadi. Bagi Anda yang belum mengetahui metode RICE, berikut ini penjelasannya!

Rest (istirahat)

Ketika terjadi cedera dan menyebabkan terjadinya pembengkakan maka tindakan mudah yang bisa dilakukan adalah istirahat (rest). Optimalkan waktu istirahat sehingga tidak terlalu banyak melakukan pergerakan. Jika banyak bergerak maka kemungkinan akan memlicu kondisi yang lebih parah pada luka yang sedang diderita.

Ice (es)

Tindakan selanjutnya yaitu dengan melakukan kompres menggunakan es. Hal ini karena es merupakan salah satu media yang sangat efektif untuk mengurangi peradangan yang menyebabkan terjadinya pembengkakan. Disamping itu, penggunaan es juga sangat efektif untuk menekan rasa sakit. Untuk aplikasinya, bungkus es dengan kain atau handuk kecil kemudian gunakan untuk mengompres bagian luka yang bengkak selama beberapa menit.

Compression (kompresi)

Gunakan perban kompresi untuk mengatasi pembengkakan dan menekan rasa sakit. Perban ini akan membantu Anda untuk tetap beraktivitas setiap hari selama luka belum sembuh. Lepaskan perban tersebut pada waktu sedang beristirahat.

Elevation (pengangkatan)

Tindakan selanjutnya yaitu dengan mengatur posisi tubuh. Salah satu contohnya ketika Anda mengalami luka pada bagian kaki maka sebaiknya tempatkan posisi kaki lebih tinggi daripada jantung. Anda bisa menggunakan ganjalan bantal. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan meminimalisir terjadinya pembengkakan.

Nah, itulah sekilas mengenai penjelasan metode RICE yang bisa Anda aplikasikan ketika mengalami luka bengkak. Perawatan luka memang harus diperhatikan dengan benar untuk mencegah terjadinya infeksi akibat kuman dan bakteri. Disamping itu untuk mempercepat proses pemulihan luka dari dalam maka penuhi asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Secara tidak langsung makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi lainnya akan membantu mempercepat proses pemulihan luka dari bagian dalam. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517