Pemijatan yang Bisa Ayah Lakukan Agar Produksi ASI Istri Tetap Lancar

Hormon prolaktin serta oksitosin memiliki peranan yang sangat penting guna kelancaran produksi ASI bunda. Ketika produksi ASI ada dalam keadaan yang cukup banyak, namun keadaan bunda tengah stress, maka hormone oksitosin bisa tidak dihasilkan sehingga ASI akan sulit untuk di keluarkan. Nah, disinilah peranan ayah sangat di butuhkan oleh bunda untuk membantunya melancarkan produksi ASI. Ayah bisa membuat bunda menjadi lebih rileks dengan melakukan pijat oksitosin.

Akan tetapi, pijat oksitosin ini sangat tidak di anjurkan untuk diberikan atau di lakukan pada ibu-ibu yang memang belum melahirkan. Dikatakan langsung oleh Dr Jeanne-Roos Tikoalu SpA, IBCLC, pijat oksitosin ini memiliki tujuan agar kontraksi otot saluran ASI dapat bekerja dengan baik. Jika pemijatan ini di lakukan terhadap ibu yang tengah hamil, maka kontraksi otot rahim juga bisa saja terjadi.

Pemijatan Agar ASI Lancar

“Jadi dilakukan sesuadah ibu melahirkan dan menyusui. Bisa dilakukan terutama oleh suami. Dianjurkan ibu buka baju dan posisinya agak membungkuk, membuka bra, dalam posisi bra menggantung. Temukan dulu tulang atlas yaitu tulang di arah leher bawah yang lebih menonjol,” papar Dr Jeanne.

Beliau juga melanjutkan, “lalu diukur dua jari di bawah tulang atlas, kemudian kita temukan garis tengah dari ruas tulang belakang. Selanjutnya, letakkan satu jari kiri kanan. Lokasi pemijatan di samping satu jari kiri kanan.”

Dan hal ini diungkapkan langsung oleh Dr Jeanne setelah selesai melangsungkan seminar ASI ‘Meningkatkan Keberhasilan Menyusui pada Ibu Bekerja: Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja’ yang di gelar di Gedung Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (21/4/2015).

Ayah bisa melakukan proses pemijatan ini dengan arah keluar atau bahkan arah ke dalam. Lakukan penijatan ketika posisi bunda condong ke bagian depan, dengan posisi payudara menggantung, ayah juga harus memperhatikan arah putting payudara bunda, setelah itu tarik garis ke punggung. Nah, garis itulah yang memang menjadi batasan pemijatan oksitosin ini.

Untuk lama proses pemijatan ini sendiri, Dr Jeanne menuturkan agar ayah melakukan pemijatan ini sesering mungkin, karena pemijatan yang di lakukan sering akan jauh lebih baik. Atau ayah bisa melakukan pemijatan ini selama 30 menit, dan itu juga batasan yang di anjurkan. Pemijatan ini bisa di lakukan ayah selama tiga hari setelah bunda melahirkan, mengapa? Karena biasanya di hari ketigalah kondisi bunda mulai berlangsung pulih.

Itulah teknik pemijatan yang bisa ayah lakukan kepada bunda, jika produksi ASI bunda tidaklah lancar. Ayah bisa menerapkan teknik pemijatan ini kepada bunda, dan bantulah bunda agar bunda bisa menyusui si kecil dengan ASI eksklusif.

Related Posts

Share This