Pemicu Asam Urat dan Bahayanya

Seperti yang kita ketahui bahwa asam urat sangat berbahaya sekali dan bisa menyebabkan komplikasi terhadap gangguan kesehatan yang lainnya. Faktor penyebab asam urat bisa dikatakan bisa dari berbagai hal. Yang paling utama dari kondisi tubuh yang tidak normal dan proses metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik. Kondisi ini menyebabkan asam urat cepat naik sehingga menimbulkan berbagai keluhan yang tidak menyenangkan.

Pada beberapa kasus asam urat memang tidak disadari gejalanya sehingga timbul begitu saja dan menimbulkan gejala-gejala yang sangat membahayakan. Semua keluhan ini tentunya memberikan dampak yang negatif terhadap tubuh. Pada beberapa kondisi, keluhan asam urat ini bisa memicu kelainan pada jantung dan juga pada organ ginjal.

Beberapa Pemicu Timbulnya Keluhan Asam Urat

Gangguan kesehatan timbulnya asam urat bisa dipicu oleh beberapa hal yang sangat sepele sekali. Bahkan mungkin tanpa disadari beberapa hal ini sering kita lakukan atau bahkan mungkin sudah menjadi pola kebiasaan sehari-hari yang sangat lumrah sekali dilakukan. Apa saja penyebab timbulnya gangguan kesehatan asam urat? Perhatikan beberapa poin berikut ini!

  1. Makanan dengan kandungan purin tinggi seperti seafood, jeroan, durian, daging dan lain sebagainya.
  2. Gangguan pada ginjal seperti gagal ginjal atau adanya batu ginjal
  3. Obat-obatan kanker
  4. Adany penyakit kencing manis atau diabetes mellitus
  5. Penyakit hati atau lever
  6. Obesitas
  7. Minuman beralkohol
  8. Kelainan genetic
  9. Keracunan
  10. Kekurangan nutrisi
  11. Penyakit kulit
  12. Kadar trigliserida tinggi

Nah, itulah yang menjadi pemicu timbulnya gangguan kesehatan asam urat yang sangat membahayakan. Sekilas mungkin penyebab tersebut bersifat sepele sekali namun tanpa disadari dampaknya sangat berbahaya sekali untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Dengan mengetahui penyababnya maka lebih mudah untuk melakukan pencegahan dan cara penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Fakta Seputar Cara Mengatasi Pilek dan Flu

Waspada Bahaya Asam Urat

Secara umum gangguan asam urat lebih rentan terjadi pada pria memasuki usia diatas 40 tahun. Risiko pada wanita lebih kecil jika dibandingkan pada pria. Pada wanita risiko asam urat memasuki usia menopause. Hal ini karena jika pada masa menopause kadar purin di buang melalui urin dan juga hormone estrogen.

Pada kondisi normal, asam urat tidak begitu berbahaya. Hanya saja jika terjadi penumpukan purin didalam tubuh maka asam urat akan sangat berbahaya sekali dan berdampak terhadap gangguan kesehatan organ lainnya. Kondisi ini penting sekali untuk diperhatikan sehingga tidak akan mempengaruhi kesehatan dalam jangkan panjang.

Salah satu risiko komplikasi dari gangguan kesehatan asam urat ini adalah risiko gangguan pada jantung dan juga ginjal. Adanya peningkatan asam urat sangat berisiko terhadap pembentukan batu asam urat dan juga kalsium oksalat pada ginjal. Kondisi ini akan sangat membahayakan sehingga menyebabkan tekanan tinggi pada ginjal dan pembuluh darah sehingga aliran darah ke ginjal semakin menurun. Kondisi ini menjadi pemicu kerusakan pada ginjal.

Bergitupun pada jantung, pemicu timbulnya penyakit jantung koroner akibat adanya gangguan pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai darah tidak efektif. Hal ini sangat rentan dan berisiko sekali terhadap berbagai gangguan kesehatan yang menjadi pemicu penyakit jantung. Bahkan sirkulasi darah menjadi tidak stabil yang mengakibatkan tekanan darah tidak stabil dan terkadang memicu hipertensi.

Solusi untuk mencegah dan mengatasi asam urat yaitu bisa dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga pola makan sehat dalam keseharian Anda. Dengan penerapan konsep hidup sehat maka risiko terkena asam urat dan komplikasinya sangat kecil. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517