Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Anak, Apakah Berbahaya?

Ketika bunda menemukan adanya benjolan-benjolan kecil di bagian belakang daun telinga si kecil berupa cairan yang kental. Jika seperti itu, apakah kondisi ini akan membesar serta membahayakan kesehatan tubuh si kecil? Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembesaran kelenjar getah bening pada anak. Kelenjar getah bening pada anak ini memiliki fungsi sendiri, yaitu untuk memproduksi sejumlah sel darah putih yang memiliki fungsi untuk melawan mikroorganisme yang memang bisa membahayakan keadaan tubuh si kecil. Umumnya kelenjar ini terjadi di beberapa bagian, seperti ketiak, leher, jantung, lipatan paha bahkan di bagian belakang daun telinga. Jika keadaan ini terus dibiarkan tanpa adanya pengobatan, maka akan mengalami pembesaran serta mengganggu kesehatan tubuh si ekcil, bahkan dalam jangka yang relative panjang bisa menyebabkan kanker getah being.

Pembengkakan kelenjar getah bening di leher pada anak ataupun yang terjadi di bagian belakang telinga merupakan satu masalah yang serius, hal ini ditimbulkan karena adanya gangguan dalam sistem kekebalantubuh, sehingga jika terjadi infesi akan semakin membesar dan membengkak. Namun dalam keadaan normal, kelenhar getah bening tidak akan terlihat juga teraba, namun jika sudah mulai terlihat maka bisa saja berdampak terhadap kelainan yang bisa menimbulkan masalah pada si kecil. Walaupun pada dasarnya setiap anak memiliki kelenjar getah bening guna mempertahankan keadaan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit.

Namun jika penyakit kelenjar getah bening ini terkena infeksi, maka semakin hari kelenjar getiah bening akan semakin membesar dan membengkak. Dan salah satunya disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh tonsil.

Berikut ini ada tiga kemungkinan penyakit bisa bisa muncul jika terjadinya pembengkakan atau pembesaran pada kelenjar getah bening, yaitu sebagai berikut:

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyakit yang dapat timbul apabila terjadi pembesaran kelenjar getah bening :

  1. Infeksi Akut

Adanya pembengkakan kelenjar getah bening bisa menyebabkan adanya infeksi akut yang berada di sekitar daerah kepala juga sekitar leher. Proses pembengkakan ini bisa saja terjadi seiring dengan keadaan tubuh yang demam serta terjadinya konsistensi lunak juga kemerahan. Dan hal ini bisa disebabkan oleh infeksi yang terjadi keran bakteri, namun walaupun seperti itu keadaan ini akan sembuh dengan sendirinya.

  1. Infeksi kronik

Adanya pembengkakan kelenjar getah bening bisa juga disebabkan oleh micobacterium tuberculosa. Jenis penyakit ini erat hubungannya dengan paru-paru, namun walaupun seperti itu, ada juga anak yang mengalami keadaan ini walaupun paru-parunya dalam keadaan sehat.

  1. Kanker Primer Pembesaran Kelenjar getah Bening

Kanker kelenjar getah bening ini juga bisa sembuh dengan sendirinya, jika terdeteksi sejak dini. Namun jika pembengkakan terjadi semakin membesar dan belum mendapatkan pengobatan yang serius, maka dikhawatirkan bisa ditemukannya bengkakan di daerah lainnya seperti di bagian lipatan paha atau bahkan ketiak. Dan itu akan jauh lebih sulit untuk di sembuhkan.

Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua sangat di anjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin kepada dokter guna memastikan tidak terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening yang semakin membesar terhadap si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517