Paprika Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Paprika (Capsicum annuum) merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kemiripan dengan cabai, akan tetapi tidak memiliki rasa yang begitu pedas. Paprika tergolong ke dalam kategori Solanaceae (kentang, tomat, cabai dan cabai rawit).  Paprika ada berbagai macam seperti paprika merah, kuning, ungu, orange dan hijau. Selain warnanya yang beragam, ternyata paprika juga mengandung berbagai macam nutrisi yaitu serat, vitamin K, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, vitamin A, asam folat dan karotenoid. Selain itu, paprika juga mengandung flavonoid, tanin dan alkaloid. Paprika yang berwarna merah mengandung banyak capsaicin. Oleh karena itu, paprika bisa menjadi salah satu jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi secara teratur untuk melengkapi kebutuhan nutrisi setiap harinya.

Paprika Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

  • Paprika memiliki kandungan zat anti kanker

Paprika merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung fitokimia dan beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti imflamasi. Seperti yang kita ketahui kalau antioksidan sangat berguna untuk menangkal radikal bebas atau zat asing yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu kandungan antioksidan pada paprika sangat berguna untuk mencegah pertumbuhansel kanker. Paprika juga mengandung zat karotenoid likopen yang berguna untuk mencegah prostat, kanker pankreas dan kanker leher rahim. Selain itu, paprika juga mengandung enzim-enzim yang berperan dalam mencegah terjadinya kanker kerongkongan dan kanker lambung.

  • Menjaga kesehatan mata

Manfaat paprika yang selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Paprika mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan dan ketajaman penglihatan. Paprika memiliki kandungan beta karoten dan vitamin C yang bermanfaat untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya kelainan pada mata seperti katarak. Selain itu, paprika juga mengandung karotenoid (lutein) yang berperan dalam mencegah terjadinya kehilangan penglihatan (degenerasi macula).

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Paprika memiliki kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin C secara teratur akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C pada paprika juga berperan dalam pembentukan kolagen yang berguna untuk menjaga kesehatan sendi dan kulit. Hal ini tentunya akan meminimalisir terjadinya peradangan pada sendi.

  • Menjaga kesehatan jantung

Jenis paprika hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Sedangkan paprika merah memiliki kandunagn likopen yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Paprika mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, paprika juga mengandung asam folat dan vitamin B6 untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan vitamin A dan C pada paprika akan menangkal radikal bebas.

  • Membantu menjaga berat badan ideal

Salah satu jenis paprika seperti paprika merah membantu dalam meningkatkan proses metabolisme tubuh. Hal ini karena kandungan senyawa pada paprika merah bersifat mengakifkan aksi termogenik sehingga membantu mempercepat proses metabolisme tanpa meningkatkan tekanan darah. Proses metabolisme yang berjalan cepat dan lancar akan mebantu menurunkan berat badan pada orang yang mengalami obesitas.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517