Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Pada gejala awal terkena asam urat, penderita tidak merasakan apa-apa dan tidak terlihat gejala yang begitu jelas. Hanya merasa ngilu atau nyeri pada bagian sendi saja yang terkadang dianggap sebagai rasa nyeri biasa saja. Sebenarnya untuk penderita asam urat tidak ada larangan atau pantangan, hanya saja penting untuk memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang tinggi akan kandungan purin. Dengan mengontrol pola makan ini maka bisa membantu untuk menghindarkan risiko asam urat yang mengganggu.

Purin yang berasal dari makanan akan diolah didalam tubuh menjadi asam urat. Jika banyak purin yang masuk ke dalam tubuh maka akan terjadi penumpukan asam urat yang tak terkendali. Kondisi ini yang mempercepat gejala asam urat menjadi gejala yang lebih parah dan akut.

Perhatikan Beberapa Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Jika zat purin yang berasal dari makanan masuk kedalam tubuh secara berlebihan maka hal ini akan menyebabkan terjadinya pengkristalan asam urat dan kondisi ini akan menumpuk pada bagian sendi. Dampaknya yaitu menjadikan sendi terasa sakit, meradang dan ngilu saat digerakan.

Bagi Anda penderita asam urat sebaiknya mulai menghindari beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab asam urat. Jenis makanan tersebut yang memiliki kandungan purin tinggi sehingga harus benar-benar dihindari dengan baik.

Apa saja jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah dan mengatasi asam urat? Perhatikan beberapa poin berikut ini!

  1. Jeroan = babat, limpa, usus, ginjal, paru-paru, otak dan hati
  2. Seafood = cumi-cumi, sotong, udang, remis, kerang, kepiting, tiram, ikan sarden, ikan teri
  3. Olahan daging = dendeng dan abon
  4. Makanan kaleng = sarden dan kornet sapi
  5. Daging = daging sapi, kuda dan kambing
  6. Unggas = kalkun, angsa dan bebek
  7. Kacang-kacangan = olahan kacang kedelai seperti tempe, tauco, tahu, oncom, susu kedelai. Kacang tanah, taoge, kacang hijau, melinjo
  8. Sayuran = bayam, asparagus, kembang kol, daun pepaya, kangkung, jamur kuping, buncis
  9. Makanan berlemak tinggi = eskrim, telur, keju, kuah daging kental, kaldu
  10. Buah-buahan = air kelapa, durian, nanas
  11. Makanan digoreng dan bersantan
  12. Makanan terlalu tinggi protein
Baca Juga:  Dampak Mengerikan Akibat Kurang Minum Air Putih

Makanan ini bukan berarti tidak sehat, hanya saja untuk penderita asam urat sebaiknya mengontrol asupan makan ini agar tidak berlebihan. Jangan sampai konsumsi makan enak dan pada akhirnya tumbang akibat terlalu banyak purin yang menjadi pemicu asam urat. Kontrol pola makan sangat penting sekali untuk mencegah timbulny asam urat dan mencegah gejala asam urat yang lebih berbahaya.

Berikut ini perhatikan kandungan purin dari setiap kategori makanan yang sebaiknya diperhatikan sehingga tidak akan membahayakan kesehatan Anda!

Kandungan Purin 100 – 1000 mg/100 gram

Yang masuk dalam kelompok ini yaitu makanan dengan kategori seperti jeroan, paru, otak, jantung, daging. Ada juga ikan tuna, daging bebek, kaldu daging, kerang dan ikan makarel. Sebaiknya dikonsumsi sedikit atau dihindari.

Kandungan Purin 90 – 100 mg/100 gram

Makanan seperti daging sapi, daging ayam, udang, tahu, bayam, asparagus kangkung, daun singkong, biji melinjo dan daunnya. Bisa dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan.

Kandungan Purin Rendah

Jagung, singkong, ubi, nasi, kue kering, mie bihun, roti, pudding, cake, keju, telur, keju, sayur dan buah tertentu selain pada poin 1. Makanan ini bebas dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Demikian beberapa jenis pantangan yang sebaiknya diperhatikan oleh semua orang guna menghindari risiko asam urat yang bisa membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517