Pantangan Bagi Anak Penderita Penyakit Tipus

Penyakit tipus bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Dalam upaya untuk menyembuhkan penyakit tipus tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Dalam hal ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang ekstra. Penanganan penyakit tipus bisa melalui pengobatan medis maupun tradisional.

Dalam upaya tersebut tentunya ada beberapa hal yang sebaiknya tidak boleh dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Salah satunya yaitu termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan. Anak yang menderita tipus sebaiknya diberikan asupan makanan yang lebih selektif. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada anak penderita tipus. Apa saja jenis makanan tersebut? Nah, berikut ini penjelasannya.

Jenis Makanan Yang Sebaiknya Diajuhkan Dari Anak Penderita Tipus

  1. Makanan Berlemak

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh anak penderita tipus yaitu makanan berlemak. Hal ini karena jenis makanan ini akan sulit untuk dicerna sehingga membutuhkan banyak tenaga untuk bisa mencernanya. Kondisi tersebut tentunya tidak sebanding dengan anak penderita tipus sebab sistem pencernaan sedang mengalami gangguan.

Maka dari itu sebaiknya hindarkan jenis makanan tersebut dari anak-anak penderita tipus supaya kondisinya tidak semakin parah.

  1. Makanan Pedas

Makanan yang mengandung cabai sebaiknya jangan dulu diberikan pada anak jika sedangĀ  menderita penyakit tipus karena akan memperparah kondisinya. Makanan pedas bisa memperparah kesehatan usus. Jika hal itu terjadi maka kemungkinan akan terjadi pendarahan dan pembengkakan pada usus.

  1. Minuman Yang Mengandung Kafein dan Soda

Minuman berkafein dan bersoda memang tidak baik untuk kesehatan. Terlebih lagi bagi penderita penyakit tipus. Jika minuman tersebut dikonsumsi oleh anak penderita tipus maka akan memperparah kondisi kesehatan usus.

Luka pada usus jika terkena zat asam maka akan semakin parah. Nah, kondisi tersebut tentunya akan menyebabkan penyakit tipus semakin parah dan tak kunjung sembuh. Maka dari itu jauhkan anakm-anak penderita tipus dari jenis minuman yang bersoda dan mengandung gula tinggi.

Itulah beberapa jenis makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari oleh anak penderita tipus. Jika gejala penyakit tipus terjadi pada anak Anda maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Jangan menyepelekan gejala penyakit tipus karena beresiko terhadap tumbuh kembang anak.

Dalam upaya membantu penyembuhan penyakit tipus pada anak maka berikanlah asupan makanan yang bergizi. Anda harus selektif untuk memberikan asupan makanan, hindari kategori makanan diatas untuk menghindari gejala yang lebih serius.

Penanganan yang cepat akan mempercepat penyembuhan sehingga mencegah kondisi yang lebih parah. Dengan bagitu maka si kecil akan terhindar dari resiko yang labih berbahaya. Penyakit tipus bisa dicegah dengan memberikan vaksin ketika bayi dan menerapkan gaya hisup sehat pada anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517