Panduan Tepat Membeli Mainan Anak

Di usianya yang masih terbilang muda, pastinya si kecil membutuhkan mainan guna mengembangkan kemampuan motoric mereka. Nah, dari sekian jenis mainan anak, Anda harus memastikan bahwa Anda tepat memilih mainan untuk si kecil. Anda juga harus memastikan kalau mainan yang Anda pilih ini desuai dengan kebutuhan si kecil juga aman untuk di gunakan.

Di bawah ini ada beberapa panduan aman dan tepat dalam memilih mainan anak anak yang memang harus Anda perhatikan dengan baik, yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah awal yang harus Anda perhatikan yaitu, Anda dianjurkan untuk membeli mainan balita yang sesuai dengan usia si kecil. Nah, pada kemasan mainan, biasanya tertera lebel untuk usia berapa mainan tersebut. Nah Anda harus membaca lebel tersebut dengan baik, dan Anda bisa membelinya jika mainan tersebut sesuai dengan usia si kecil. Namun jika tidak sesuai, maka sebaiknya Anda tidak membeli mainan anak tersebut.
  2. Langkah selanjutnya, Anda harus menjelajahi seluruh permukaan atau komponen permainan yang Anda pilih guna memastikan tingkat kemananya. Karena si kecil yang masig berusia muda cenderung akan menempelkan mainan yang ia pegang ke mata atau bahkan telinga. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kalau Anda tidak membeli mainan dengan keadaan permukaan yang kasar atau dengan ujung yang lancip.
  3. Ketika Anda membeli mainan yang memiliki tali, maka Anda harus memperkirakan berapa panjang ukuran tali tersebut, dan apakah tali tersebut memiliki potensi untuk melilit si kecil. Jika iya, maka sebaiknya Anda tidak membeli mainan tersebut dan memilih jenis mainan yang lainnya.
  4. Anda juga harus memastikan kalau tidak ada property mainan yang pastinya akan terlepas ketika di mainkan oleh si kecil. Karena umumnya anak-anak yang masih berusia bayi bahkan balita cenderung akan memasukkan benda apapun ke mulutnya.
  5. Anda juga harus memeriksa volume yang dimiliki mainan tersebut jika memang mainan yang Anda belikan untuk si kecil bisa mengeluarkan bunyi. Karena seharsunya bunyi mainan tidak terlalu keras karena bisa mengganggu sistem pendengaran si kecil.
  6. Anda juga dianjurkan untuk memilih serta membeli mainan yang kuta juga tidak mudah terlepas beberapa bagiannya. Keadaan mainan yang kuat bisa membuat si kecil lebih comfortable dalam bermain. Jikapun ada beberapa bagian yang bisa lepas, namun Anda harus memastikan kalau bentuk mainan tersebut tidaklah tajam serta tidak bisa melukai si kecil.
  7. Dan yang terakhir, Anda harus bisa memperhatikan bahan yang di gunakan untuk mainan tersebut. Banyak diantaranya pelastik yang di gunakan untuk bahan dasar mainan si kecil. Namun Anda harus memastikan kalau bahan dasar yang di gunakan untuk membuat mainan si kecil merupakan bahan dasar yang tidak berbahaya juga tidak beracun jika Anda mengigitnya.

Related Posts

Share This