Panduan Seputar Cara Mengejan Saat Melahirkan

Dalam menjalani proses persalinan normal, tentunya Anda dituntut untuk mengejan sekuat tenaga supaya bayi cepat keluar. Mengejan adalah salah satu upaya dalam melakukan persalinan normal untuk menstimulus bayi keluar dari rahim. Cara mengejan saat melahirkan harus dilakukan dengan benar supaya Anda tidak akan kesulitan untuk mengeluarkan bayi.

Bagi Anda yang belum berpengalaman menghadapi proses persalinan, sebaiknya memperbanyak informasi dan pengetahuan seputar cara mengejan yang benar. Hal ini bertujuan supaya pada saat melahirkan Anda tidak akan mengalami kendala berarti dan bayipun terlahir dengan cepat dalam keadaan sehat.

Dalam menjalani proses persalinan, Anda mungkin membutuhkan dukungan dari orang terdekat. Dalam hal ini mintalah suami untuk mendampingi Anda sehingga proses persalinan akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Berikut Panduan Cara Mengejan Saat Melahirkan

  1. Buka Mata

Mungkin kebanyakan wanita mengejan sambil menutup mata untuk mengerahkan seluruh tenaganya. Namun tahukah Anda jika cara tersebut kurang efektif dan tidak tepat. Mengapa demikian? Mengejan sambil menutup mata beresiko mengakibatkan pembuluh darah pada mata pecah. Maka dari itu sebisa mungkin Anda tetap membuka mata saat mengejan. Fokuskan pandangan Anda sehingga akan mempercepat proses persalinan normal.

  1. Usahakan Jangan Berteriak

Tidak heran jika banyak ibu melahirkan berteriak sebab mereka beranggapan bahwa dengan begitu akan menghilangkan jrasa sakit dan membuatnya lega. Cara tersebut memang efektif bagi sebagian orang, akan tetapi jika hal ini terus dilakukan akan menyebabkan kelelahan sehingga proses mengejan terganggu. Tenaga akan cenderung lebih mudah habis. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari kebiasaan tersebut saat mengejan.

  1. Mengikuti Perintah Dokter

Supaya melahirkan dan proses mengejan lebih mudah, Anda sebaiknya patuh dan mengikuti aba-aba dari tim medis. Jangan dulu mengejan sebelum diperintahkan oleh tim dokter yang menangani Anda. Dalam hal ini dokter tahu kapan Anda mengejan sehingga dengan begitu tenaga Anda tidak akan banyak terbuang sia-sia.

  1. Mulai Buka Mulut

Supaya tekanan ketika mengejan lebih baik maka buka mulut Anda lebih kuat untuk memberikan dorongan agar bayi keluar. Dengan membuka mulut akan memberikan tambahan oksigen sehingga hal ini akan mengganti oksigen yang terbuang saat mengejan sebelumnya.

  1. Jangan Mengangkat Bokong

Pada waktu melahirkan kebanyakan ibu hamil mengangkat bokong untuk memberikan penekanan pada waktu mengejan. Padahal sebenarnya tindakan ini tidak diperbolehkan dalam dunia medis karena beresiko mengakibatkan luka sobekan lebih besar dan bahkan merusak perineum hingga anus. Pertahankan dan usahakan supaya posisi Anda sesuai dengan yang disarankan dokter.

  1. Atur Nafas

Pengaturan nafas yang benar dan panjang merupakan salah satu modal untuk mengejan saat melahirkan. Usahakan pengaturan nafas dengan benar sehingga proses melahirkan akan terasa lebih mudah.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengejan. Semoga bermanfaat dan persalinan Anda lancar!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517