Panduan Olahraga Selama Pengobatan Kanker

Sebagai salah satu jenis penyakit yang bersifat silent killer, tentunya kanker harus diwaspadai dan dicegah dengan cara-cara yang tepat. Jangan sampai berkembang menjadi gangguan kesehatan yang menghilangkan nyawa banyak orang. Sebenarnya kanker ini bisa dicegah secara mudah dengan menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam keseharian. Hanya saja seringkali kebanyakan dari kita lupa cara untuk menerapkan pola hidup sehat dan lebih sering mengabaikannya.

Dalam penanganan penyakit kanker, tentunya dokter akan memberikan pengarahan tentang apa saja yang harus dilakukan dan dihindari selama proses pengobatan. Dalam hal ni pasien kanker tentu harus bisa melakukan itu semua sehingga nantinya proses penyembuhan akan berlangsung cepat dan optimal.

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pasien kanker dalam upaya untuk melakukan proses penyembuhan penyakit tersebut adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Akan tetapi jenis dan type olahraga yang dilakukan tentunya berbeda sekali dengan jenis olahraga pada umumnya. Lakukan olahraga berdasarkan type atau jenis pengobatan yang sedang dilakukan. Penyesuaian ini penting sekali untuk mempercepat penyembuhan

Perhatikan Panduan Olahraga Selam Pengobatan Kanker

Intensitas dan jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan oleh pasien pengobatan kanker harus dilakukan secara bertahap dengan jenis olahraga yang sesuai. Hal ini penting sekali untuk memulihkamn kondisi tubuh selama atau setelah pengobatan. Perhatikan berikut ini!

Kemoterapi

Dalam penanganan proses pengobatan dengan kemoterapi ini ada beberapa hal mengenai olahraga yang sebaiknya diperhatikan. Berikut poin pentingnya!

  • Dalam kurun waktu 24 jam disarankan untuk melakukan latihan kelenturan ringan seperti peregangan atau
  • 1 pekan awal pengobatan lakukan latihan kelenturan dan aerobic ringan untuk mengatasi efek samping dari pengobatan.
  • 1 pekan sesudah pengobatan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang mulai ditingkatkan dengan kondisi tubuh pasien.
Baca Juga:  4 Gejala Paru-paru yang Wajib Anda Ketahui
Terapi Radiasi

Selanjutnya untuk terapi radiasi, panduan untuk melakukan olahraga hendaknya disesuaikan secara tepat. Berikut ini perhatikan panduannya!

  • Selama pengobatan disarankan untuk melakukan olahraga ringan yang tidak menyebabkan kelelahan. Lakukan saja jalan kaki santai dan latihan otot tanpa beban.
  • Untuk jenis olahraga yang harus dihindari yaitu berenang atau melakukan olahraga yang memungkinkan untuk berkeringat.
  • Sebaiknya kenakan pakaian yang bisa menyerap keringat saat melakukan olahraga ringan.
Operasi

Beberapa waktu setelah melakukan operasi tentunya ada juga kegiatan sehat yang sebaiknya dilakukan oleh semua penderita kanker. Berikut ini olahraga ringan yang penting dilakukan untuk kebugaran tubuh!

  • Setelah operasi lakukan peregangan di tempat tidur atau jalan santai di ruangan rumah sakit.
  • 1 bulan setelah operasi lakukan peregangan dan aerobic ringan. Berjalanlah selama 30 menit hingga 1 jam pada pagi dan malam hari.
  • 2 hingga 3 bulan setelah operasi sebaiknya lakukan olahraga ringan bersepeda maupun berjalan kaki santai.
  • 3 bulan setelah operasi diperbolehkan untuk melakukan jenis olahraga lainnya.
  • Hindari proses peregangan terhadap bagian bekas operasi sebab ini berbahaya.
  • Jenis olahraga disesuaikan dengan jenis operasi dan juga type kanker.
  • Olahraga harus disesuaikan dengan kondisi fisik setelah operasi.

Nah, demikian beberapa poin penting terkait panduan berolahraga yang sebaiknya diperhatikan oleh semua pasien penderita kanker. Dengan melakukan olahraga yang teratur sesuai dengan panduan maka akan berguna untuk mempercepat proses pemulihan. Ini penting sekali untuk dilakukan agar penderita kembali sehat seperti semula.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517