Panduan MPASI dan Tahapan MPASI Yang Ideal

Panduan MPASI. Setelah bayi berusia 6 bulan maka sudah saatnya Anda memperkenalkan makanan pendamping ASI. Hal ini karena kebutuhan nutrisi tidak lagi sepenuhnya bisa tercukupi hanya dengan ASI. Makanan penunjang sudah saatnya diperkenalkan sejak usia 6 bulan.

Faktor penting dalam memperkenalkan MPASI untuk pertama kalinya yaitu jenis makanan dan jadwal MPASI. Jenis makanan yang Anda berikan sangat menentukan kesehatan dan tumbuh kembang si kecil dalam setiap tahapnya.

Tahapan MPASI harus dijalankan secara berurutan dan benar sehingga kebutuhan nutrisi si kecil akan terpenuhi dengan sangat baik. Perlu Anda ketahui bahwa setiap tahap perkembangan bayi membutuhkan asupan nutrisi berbeda dan bervariasi.

Pengenalan makanan pendamping ASI adalah salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil yang akan menunjang tumbuh kembangnya. Pemberian MPASI secara bertahap harus menyesuaikan tekstur, rasa dan variasi bahan makanan yang diberikan.

Nah, Berikut Ini Tahapan Pemberian MPASI

Bayi Usia 6 Bulan

Pada saat pertama kali memperkenalkan MPASI yaitu di usia 6 bulan maka sajikan makanan dengan tektur yang lembut dan cair. Hal ini untuk menyesuaikan dengan kemampuan si kecil yang belum bisa mencerna makanan selain ASI.

Dalam tahap pengenalan dan pembelajaran ini sebaiknya Anda memberikan porsi kecil dengan tekstur cair. Salah satu contohnya Anda bisa membuat bubur susu. Pada awal-awal mungkin si kecil akan sedikit menolak karena merasa asing dengan makanan baru selain ASI.

Lakukan secara perlahan dan jangan memaksa si kecil untuk makan jika tidak mau. Tindakan tersebut bisa meninggalkan trauma bagi si kecil. Diperlukan kesabaran dan ketelatenan hingga si kecil beradaptasi dengan makanan pendamping ASI untuk pertama kalinya.

Bayi Usia 7-8 Bulan

Memasuki usia 7 bulan maka tekstur MPASI sudah bisa ditingkatkan menjadi lebih kental. Anda bisa membuat sajian MPASI dengan metode saring. Salah satu contohnya nasi tim saring dengan variasi berbagai jenis bahan yang sehat.

Disamping itu, Anda juga bisa memberikan puree buah atau sayur untuk si kecil. Semakin bervariasi makanan yang Anda sajikan maka semakin lengkap pula asupan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembang si kecil di tahapan ini.

Menginjak 8 bulan, tingkatkan tekstur makanan menjadi lebih padat dan kasar. Pada usia tersebut si kecil mulai tumbuh gigi. Tekstur makanan yang lebih padat berguna untuk melatih si kecil dalam mengunyah makanan.

Bayi 9-10 Bulan

Tekstur makanan pada tahapan ini bisa Anda berikan lebih kasar. Bayi usia 9-10 bulan sudah berkembang dengan baik. Bahkan sistem pencernaan si ekcil sudah memiliki kemampuan untuk mencerna makanan yang lebih kasar.

Nasi tim bisa menjadi salah satu pilihan Anda pada usia ini. Variasikan nasi tim dengan jenis sayuran yang beraneka ragam dan juga bisa menambahkan daging yang dihaluskan. Selain itu, lengkapi kebutuhan nutrisinuya dengan memberikan cemilan sehat untuk si kecil seperti puding buah atau bolu pisang.

Bayi Usia 12 Bulan

Pada usia 12 bulan atau 1 tahun tentunya si kecil sudah berkembang dengan segala kesempurnaanya terutama dalam hal sistem pencernaan. Tekstur dan jenis makanan yang Anda berikan bisa lebih bervariasi. Bahkan bisa Anda tambahkan penyedap seperti gula dan garam.

Penerapan pola makan dan pemilihan jenis makanan menjadi kunci sukses tumbuh kembang si kecil dalam setiap tahapnya. Pilihlah jenis makanan yang berkualitas dan perhatikan juga tingkat higienitas supaya si kecil tidak mudah terserang penyakit yanga bisa menghambat tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This