Panduan Menu Sehat Untuk Sahur Agar Kuat Menjalani Ibadah Puasa

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan dinanti-nanti oleh semua umat muslim di dunia. Menjalani ibadah puasa Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh semua umat muslim selama sebulan penuh. Dalam hal ini puasa berarti menahan lapar dan haus serta menjauhi hubungan suami istri dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Dalam menjalani puasa tentunya ada yang disebut dengan makan sahur yang dilakukan sebelum terbit fajar. Supaya bisa menjalani puasa dengan tubuh yang sehat dan bugar, tentunya kita semua dianjurkan untuk memilih menu sehat saat sahur.

Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi memang suatu keharusan guna menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari risiko berbagai penyakit. Memilih menu makanan sehat dalam keseharian memang bukan perkara yang sulit. Hanya saja banyak yang menyepelekan pentingnya konsumsi makanan sehat setiap harinya. Seringkali terdengar istilah “yang penting kenyang”. Nah, itu jelas sekali merupakan sebuah pernyataan yang menyepelekan pentingnya asupan gizi untuk tubuh. Pada dasarnya kita makan harus mengutamakan jenis makanan dan juga kandungan nutrisinya sehingga bisa lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan, sebaiknya pilihlah menu sehat dari makanan yang Anda konsumsi. Mengapa demikian? Hal ini karena selama berpuasa tubuh tidak menerima asupan makanan sehingga pada waktu sahur adalah waktu yang tepat untuk menyiapkan cadangan nutrisi bagi tubuh. Selain itu, pada waktu berbuka puasa juga konsumsi makanan yang bergizi sehingga tubuh bisa memperoleh asupan nutrisi yang sesuai kebutuhan.

Jangan asal makan saja hanya karena perut lapar. Hal ini justru bisa membahayakan kesehatan tubuh dan berisiko terhadap gangguan penyakit. Bahkan jika sembarangan mengkonsumsi makanan selama menjalani ibadah puasa akibatnya bisa sangat fatal seperti kenaikan berat badan yang tidak terkontrol, meningkatnya kadar gula darah, koletserol tinggi dan lain sebagainya. Seharusnya puasa itu menyehatkan tubuh dan mengontrol pola makan, bukan justru menimbulkan gangguan penyakit pada tubuh.

Supaya sahur Anda tidak sia-sia dan bukan hanya sekedar kenyang saja, sebaiknya utamakan menu sehat yang Anda konsumsi. Ada beberapa saran yang bisa Anda lakukan guna menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Berikut ini beberapa saran yang semoga bermanfaat untuk menjalani ibadah Puasa Ramadhan dan juga memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh.

Saran Dalam Memilih Menu Sehat Selama Puasa Ramadhan
  1. Pilihlah Jenis Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Salah satu hal yang sebaiknya Anda perhatikan dalam memilih menu sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Mengapa harus jenis karbohidrat kompleks yang dikonsumsi pada saat sahur? Hal ini karena jenis karbohidrat kompleks lebih tahan lama sehingga akan membuat perut kenyang lebih lama. Apa saja jenisnya? Karbohidrat kompleks terdapat dalam roti gandum, nasi merah dan sereal gandum. Karbohidrat kompleks juga dinilai lebih sehat karena indeks glikemiknya rendah sehingga aman untuk penderita diabetes.

  1. Makanan Berprotein

Supaya tetap sehat dan kuat dalam menjalani ibadah puasa, tambahkan jenis makanan yang mengandung protein pada waktu sahur. Apa saja jenis protein yang dianjurkan? Diantaranya yaitu ikan, tahu, tempe, daging ayam tanpa kulit, susu dan juga daging sapi yang bebas lemak. Dengan konsumsi menu sehat seperti ini maka tubuh akan senantiasa bugar karena mendapatkan asupan nutrisi yang sangat baik.

  1. Sayuran

Disamping memilih karbohidrat dan juga asupan protein, lengkapi juga dengan konsumsi sayur-sayuran. Seperti yang kita ketahui bahwa sayuran merupakan jenis makanan yang sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Dengan adanya kandungan nutrisi tersebut tentunya tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Guna menjaga cairan tubuh selama puasa dan menghindari dehidrasi, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi air putih yang cukup. Cairan tubuh yang terjaga dengan baik tentunya akan memberikan efek yang baik pula untuk kesehatan tubuh.

Nah, demikian sekilan tentang panduan atau saran dalam memilih menu sehat untuk sahur. Utamakan kandungan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi selama berpuasa. Jangan asal konsumsi, jangan asal kenyang saja karena hal tersebut bisa berdampak negatif untuk kesehatan tubuh. Selamat berpuasa!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517