Panduan Menu MPASI dan Porsi Makan Bayi 6 Bulan

Air Susu Ibu atau ASI merupakan makan utama bagi bayi. Pemberian ASI secara ekslusif harus dilakukan selama 6 bulan dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Enam bulan setelah program ASI ekslusif, Anda sudah bisa mulai memperkenalkan makanan padat pertama untuk si kecil. Pemberian MPASI bertujuan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil yang tidak lagi sepenuhnya bisa diperoleh dari ASI. Namun terkadang pada tahap awal pemberian MPASI, banyak yang kebingungan dan bertanya tentang berapa porsi makan bayi 6 bulan. Pada awal pemberian MPASI, porsi makan untuk si kecil jangan terlalu banyak, Anda cukup memberikan 1 – 2 sendok dalam sekali makan.

Berikut Ini Panduan Dalam Memberikan MPASI Untuk Bayi 6 Bulan

Dalam memperkenalkan makanan pendamping ASI untuk si kecil ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu sebagai berikut:

  1. Porsi makan

Pada tahap awal pemberian MPASI, Anda tidak boleh memaksakan si kecil untuk menghabiskan makanannya. Bayi belum bisa menerima makanan baru dalam porsi yang cukup banyak. Hal ini berkaitan dengan kemampuan dalam beradaptasi dengan makanan baru selain ASI. Anda cukup memberikan 1 – 2 sendok saja dalam sekali makan.

  1. Perhatikan tekstur

Untuk MPASI bayi usia 6 bulan hendaknya memiliki tekstur encer seperti bubur susu. Selain itu, Anda harus memberikan makanan dengan tekstur yang konsisten sehingga si kecil lebih mudah beradaptasi dengan makanan tersebut.

  1. Jenis makanan

Pada tahap awal perkenalan MPASI, sebaiknya Anda memberikan satu jenis makanan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya si kecil benar-benar mengenal jenis makanan tersebut sehingga lebih mudah untuk beradaptasi. Seperti halnya tekstur makanan, jenis makanan juga harus diperkenalkan secara bertahap.

  1. Jadwal makan

Jadwal pemberian MPASI harus teratur dan Anda harus mengetahui kapan si kecil lapar sehingga saluran pencernaannya lebih siap untuk mencerna, menerima dan menyerap kandungan nutrisi dari makanan tersebut.

Adapun menu makanan yang dianjurkan untuk bayi 6 bulan adalah sebagai berikut:

  1. Salah satu menu makan bayi 6 bulan yaitu bubur tepung beras merah dengan menggunakan tambahan ASI atau susu formula. Lebih tepatnya disebut dengan bubur susu. Tekstrunya harus benar-benar encer.
  2. Buah-buahan yang dihaluskan menggunakan blender atau saringan kawat. Menu yang satu ini biasa disebut sebagai puree buah.
  3. Selain puree buah, Anda juga bisa memberikan puree sayuran untuk si kecil pada usia 6 bulan. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan cara merebus atau mengukus sayuran kemudian di blender sampai halus dan disaring menggunakan saringan kawat supaya teksturnya benar-benar lembut.
  4. Anda juga bisa menambhkan daging dan ikan pada menu makan bayi 6 bulan. Namun dalam memberikan makanan tersebut harus memperhatikan aspek alergi dari bayi. Anda bisa menambahkan dalam jumlah sedikit untuk mengetahui tingkat alergen dari makanan tersebut.

Nah, itulah panduan MPASI dan porsi makan untuk bayi usia 6 bulan. Semoga informasi yang penulis sajikan bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan program MPASI untuk tahap pertama.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517