Pahami Perkembangan Bayi 4 Bulan

Hai bunda! Apakah bunda tahu kalau di perkembangan bayi 4 bulan merupakan perkembangan yang berjalan dengan cepat juga menakjubkan. Bagaimana tidak, ada beberapa hal baru yang kerap kali dilakukan oleh si kecil ketika is berusia 4 bulan, dan hal ini kerap kali membuat Anda kagum dan mengharuskan Anda untuk memberikan perhatian yang lebih dikarnakan si kecil mulai aktif dalam bergerak. Dan perkembangan yang paling pesat yang akan terjadi pada bayi usia 4 bulan yaitu dari caranya bersuara juga tertawa.

Selain itu, ada juga beberapa perkembangan bayi 4 bulan yang lainnya, seperti perkembangannya dalam tengkurap, karena di usia bayi 4 bulan ia akan mulai memiliki kemampuan untuk tengkurap. Di usia ini, si kecil mulai bisa untuk tengkurap, dan ketika posisinya tengkurap, dia akan mulai mencoba untuk memandang ke depan dengan cara mengangkat kepala serta bahunya dengan bertumpu pada tangannya yang mungil.

Dengan mendongakkan kepalanya, si kecil mulai bisa melihat kesemua arah yang ada di sekelilingnya, bahkan ia mulai bisa mengeksplor beberapa benda yang berada di sekitarnya. Bahkan di usia bayi 4 bulan, ia mulai bisa memindahkan dirinya dengan cara berguling. Dan hal ini akan membantu perkembangan motoriknya guna perkembangan yang lebih pesat. Oleh karena itu, bunda harus bisa merangsang bayi usia 4 bulan untuk berguling dengan cara menempatkan benda-benad atau mainan yang bisa menariknya agar ia mau menggulingkan badannya kea rah benda tersebut.

Perkembangan bayi usia 4 bulan juga bisa terlihat dari rasa suka si kecil dalam memegang benda atau mainan, dan terkadang benda yang ia pegang akan terlepas dari tangannya dikarenakan ia belum bisa memegangnya dengan pegangan yang erat. Selain itu, bayi yang masih berusia 4 bulan kerap kali memasukkan benda-benda atau mainan yang ia pegang kedalam mulutnya. Dan sebaiknya hal ini diwaspadai dengan cermat oleh para bunda.

Bukan hanya itu, Anda sebagai orangtua sekaligus ibu juga harus lebih jeli lagi dalam mengenali setiap keinginan si kecil serta emosi si kecil. Karena di usianya yang memasuki 4 bulan ia sudah mulai bisa mengkomunikasikan hal-hal yang ia inginkan dengan lebih jelas kepada orangtuanya, sehingga orangtua di tuntut harus lebih jeli dalam memahami setiap keinginan juga kebutuhan si kecil.

Dan ketika keinginannya tidak terpenuhi, maka biasanya si kecil akan berteriak-teriak atau bahkan menangis. Selain itu, pada bayi 4 bulan, ia juga sudah muali merasakan emosi yang di rasakan oleh orangtua. Maka ketika Anda berbicara dengan nada yang sedikit tinggi, maka biasanya si kecil akan terdiam seolah ia yang bersalah. secara tidak langsung anda membentuk karakter dia. Setiap interaksi anda dengan bayi usia 4 bulan maka itu akan berpengaruh terhadap perkembangan bayi 4 bulan. Oleh sebab itu, manfaatkan fase ini sebaik-baiknya agar dimasa depan bayi anda menjadi orang yang berkarakter baik.

Related Posts

Share This