Pahami Lebih Dalam Gejala Kanker Usus Stadium Awal Sampai Stadium Akhir!

Gejala kanker usus stadium awal. Untuk stadium kanker usus dimulai dari 0 sampai dengan stadium 4. Stadium 0 ini di sebut juga dnegan stadium awal dari kanker usus, dan stadium 4 di sebut juga dengan stadium akhir atau stadium akut.

Banyak diantaranya orang-orang yang memang sampia saat ini tidak memahami apa saja gejala yang kerap kali di rasakan pada masing-masing stadium, sehingga banyak orang yang mengetahui penyakit ini ketika stadium sudah lanjut.

Untuk ciri atau bahkan gejala dari setiap stadium kanker usus sangatlah berbeda-beda. Dan yang harus Anda ketahui yaitu ciri atau bahkan gejala dari setiap stadium kanker usus, sehingga ketika Anda merasakan gejala tersebut Anda akan segera mendapatkan penanganan yang lebih serius. Dan berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai stadium kanker usus serta ciri dari stadium tersebut, yaitu sebagai berikut:

1. Kanker Usus Stadium 0

Untuk kanker usus di mulai dari stadium 0, jelas berbeda dengan kanker jenis lainnya yang dimulai dari stadium 1. Dalam stadium 0 ini dikenal juga dengan karsinoma, dimana penyakit kanker hanya berada di dalam lapisan usus besar atau berada di bagian rectum saja.

Gejala Dan Ciri-Ciri Kanker Usus Di Stadium 0

Dalam tahapan ini, umumnya gejala atau bahkan ciri yang di perlihatkan sama seperti Anda tengah mengalami penyakit lambung, seperti:

  • Rasa mual dan muntah akan terjadi pada pasien.
  • Diare yang berlebihan.
  • Sembelit

2. Kanker Usus Stadium 1

Untuk kanker usus stadium 1, sel kanker mulai tumbuh di bagian dinding usus, namun masih belum menyebar pada lapisan luar dinding usus.

Gejala Dan Ciri-Ciri Kanker Usus Di Stadium 1

Untuk gejala kanker usus stadium 1 masih sama dengan apa yang di rasakan pada stadium 0, namun yang membedakan yaitu, si penderita akan memiliki berat badan yang menurun secara drastis.

3. Kanker Usus Stadium 2

Untuk kanker usus stadium 2, pada kondisi ini kanker mulai menyebar pada lapisan luar dari otot serta pada dinding usus besar. Untuk stadium 2 ini, sel-sel kanker juga mulai menyebar pada jaringan terdekat usus besar, namun masih belum menyebar kebagian kelenjar getah bening.

Gejala Dan Ciri-Ciri Kanker Usus Di Stadium 2

Di tahapan stadium 2 ini, biasanya si penderita akan mengalami sembelit, diare, mual yang disertai dengan muntah yang berlangsung secara berkepanjangan. Jika di pegang, biasanya di bagian usus besar terdapat benjolan. Selain itu, keadaan tinja yang dikeluarkan juga akan bercampur dengan darah.

4. Kanker Usus Stadium 3

Di stadium 3 ini, kanker usus mulai memasuki stadium lanjut. Jika pada stadium 2 sel kanker hanya menyebar ke bagian atau ke jaringan terdekat usus besar juga rectum, namun di stadium 3 ini sel kanker mulai menyebar ke bagian kelenjar getah bening.

Gejala Dan Ciri-Ciri Kanker Usus Di Stadium 3

Biasanya gejala yang akan di rasakan oleh pasien yaitu seperti seringnya merasakan mual yang disertai dengan muntah, berat badan yang berkurang secara drastis, muncul perasaan sembelit serta tinja yang mulai bercampur dengan darah. Selain itu, penderita juga akan merasakan kembung juga nyeri di bagian bawah perut.

5. Kanker Usus Stadium 4

Jika kanker usus mulai memasuki stadium 4, maka penyakit ini mulai memasuki tahapan akut. Bahkan penyebarannya pun sudah sampai pada bagian organ vital di dalam tubuh, seperti hati, paru-paru serta ovarium atau bahkan indung telur.

Gejala Dan Ciri-Ciri Kanker Usus Di Stadium 4

  • Berat badan menurun
  • Pusing, mual dan muntah
  • Feses berwarna hitam
  • Darah keluar bersama tinja
  • Perut bagian bawah terasa nyeri
  • Perut terasa penuh

Related Posts

Share This