Pahami Gejala Cacingan Pada Anak yang Sering Tidak Kita Sadari

Hai bunda! Penting untuk di ketahui bahwa gejala cacingan pada anak bukanlah merupakan hal yang sepele. Karena sampai saat ini, banyak diantaranya masyarakat yang masih beranggapan kalau cacingan yang terjadi pada anak merupakan seuatu hal sepele yang tidak begitu penting, padahal kenyataannya jenis penyakit ini bisa menurunkan tingkat kesehatan si kecil. Cacingan yang terjadi pada si kecil juga bisa menyebabkan anemia, IQ yang menurun, gampang merasa ngantuk, malas untuk beraktivitas, berat badan yang kurang dan masih banyak lagi.

Ada beberapa faktor gejala atau bahkan ciri-ciri cacingan pada anak yang sangat sulit untuk dideteksi, dan salah satu penyebab itu adalah keadaan cacing dalam jumlah sedikit yang bersarang di dalam tubuh si kecil. Bagaimana cacing bisa masuk kedalam tubuh? Cara masuk cacing ke dalam tubuh si kecil sangatlah beragam, bahkan cacing bisa masuk melalui makanan. Nah, jenis cacing yang bisa masuk kedalam tubuh melalui makanan yaitu cacing gelang dengan jumlah telur infektif 100.000-200.000 setiap harinya.  Tidak sama dengan cacing gelang, cacing cambuk juga memiliki jumlah telur infektif yang jauh lebih besar, yaitu sekitar 3000-5000. Sedangkan untuk jenis cacing tambang, mereka bisa berkembang serta tumbuh di dalam tubuh melalui makanan serta kulit.

Penyakit cacingan pada anak akan terus berkembang jika tidak segera di atasi. Dan adanya perkembangan gejala cacingan ini akan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, di mulai dari faktor suhu lingkungan, iklim yang tropis, kebersihan tubuh si kecil, kondisi sanitasi lingkungan, sosial ekonomi, serta adanya faktor kepadatan penduduk.

Oleh karena itu, bagi mereka yang hidup atau tinggal di lingkungan yang kotor serta tidak sehat, akan memiliki resiko lebih besar terkena penyakit cacingan ini. Maka dari itu, sebaiknya bunda bisa mengetahui serta memahami gejala penyakit cacingan yang terjadi pada si kecil, agar bunda bisa lebih mengawasi anak ketika mereka bermain, dan lebih mengenal sejumlah tanda-tanda cacingan dalam rangka bunda bisa melakukan pencegahan dini.

Nah, di bawah ini ada beberapa gejala cacingan pada anak yang harus bunda ketahui juga pahami, guna menjaga kesehatan si kecil. Yaitu sebagai berikut:

  1. Lesu dan lemas

Keadaan lesu serta lemas merupakan akibat dari kurangnya darah atau disebut dengan anemia. Anemia ini terjadi karena adanya cacing yang ada di dalam darah yang terus berkembang biak dan memerlukan nutrisi, dan mereka akan mengambilnya dengan cara menghisap darah.

  1. Nyeri di perut

Cacingan pada anak juga bisa mengakibatkan keadaan perut yang menjadi sakit, bahkan banyak kasus yang terjadi bahwa rasa nyeri ini akan berkembang sampai bisa menyebabkan diare.

  1. Berat badan rendah karena kekurangan gizi

Singkatnya, nutrisi yang seharusnya dapat di serap oleh tubuh kita menjadi makanan cacing. Sehingga si kecil akan memiliki berat badan yang rendah bahkan akan terlihat seperti kekurangan gizi.

  1. Batuk

Untuk proses penyembuhannya cukup lama, bahkan banyak juga diantaranya anak yang mengalami cacingan tak kunjung dapat di sembuhkan.

Related Posts

Share This