Paedofil Ada di Sekitar Anda, Kenali Gelagatnya!

Apakah Anda tahu, paedofil itu seperti apa? Pedofil ini merupakan seseorang yang memang memiliki gangguan terhadap kepribadiannya, yang mana adanya rasa ketertarikan seks pada anak-anak  yang masih berusia di bawah umur. Umumnya hal ini terjadi pada kaum laki-laki. Maka dari itu, di tengah banyaknya kasus kekerasan seksual yang dilakukan pada anak-anak, maka penting bagi Anda memahami kepribadian paedofil itu seperti apa, dan Anda patut untum mewaspadai orang dengan berkepribadian tersebut.

Seorang Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa yang bertugas di Rumah Sakit Jiwa dr Soeharto Herdjan, Suzy Yusna Dewi menerangkan, bahwa orang-orang yang memiliki kepribadian paedofil ini umumnya menunjukkan gelagat kalau ingin sekali menjadikan si kecil sebagai sasarannya. Bahkan, paedofil ini pastinya akan melakukan sebuah pendekatan terhadap anak-anak tersebut dengan cara halus, yang mana di sebut dengan “grooming”.

Anda juga harus memperhatikan tanda-tanda dari groming itu sendiri, misalkan seperti orang yang memang memberikan perhatian lebih terhadap si kecil bahkan selalu memenuhi semua yang di inginkan oleh si kecil. Dan hal tersebut patut untuk Anda waspadai.

“Perhatikan tanda-tanda grooming, seperti perhatian terhadap anak, memenuhi semua permintaan anak. Itu harus diperhatikan,” ungkap Suzy yang di kutip dari health.kompas pada hari Minggu (25/10/2015).

Namun sayangnya, hal seperti ini sangat jarang di sadari oleh orangtua. Karena paedofil ini juga memiliki prilaku menyayangi atau bahkan mereka menunjukkan bahwa mereka sangat mencintai anak-anak, bahkan sebagian besar mereka memiliki sifat ramah juga hangat ketika mereka tengah mengobrol pada anak-anak yang masih berusia di bawah umur. Nah, dengan melakukan proses grooming atau pendekatan inilah, peadofil ingin membuat si kecil percaya kepada dirinya, hingga pada akhirnya mereka bisa menyentuh dan menjamah tubuh anak-anak yang memang mulai tergoda dengan ajakan si pelaku, dan ketika itu dilakukannyalah kekerasan seksual pada anak di bawah umur.

“Ketika dia ingin sekali (merasakan dorongan seksual), seorang paedofil akan gemetar, deg-degan, pokoknya (anak yang menjadi sasaran) harus ditangkap,” ungkap Suzy.

Suzy juga melanjutkan, sebagian besar para paedofil atau pelaku kekerasan seksual memiliki karakter atau kepribadian yang sangat khas yang sangat sulit untuk di tebak. Bahkan, para peneliti menunjukkan bahwa umumnya orang-orang paedofil merupakan orang yang memang kerap kali merasa kesepian, orang-orang yang antisosial, orang yang memiliki sifat rendah diri, memiliki ketidak dewasaan emosional, bahkan dysphoria.

Selain itu, orang dengan paedofil kerap kali memiliki hubungan yang sangat terbatas dengan orang-orang bahkan dnegan teman sebayanya, bahkan mereka lebih senang melakukan aktivitas bersama anak-anak daripada bersama teman sebaya mereka. Dan perilaku lainnya yang memang dimiliki oleh paedofil yaitu mereka memiliki fantasi seks yang sangat tinggi pada anak-anak yang masih berada di bawah umur, misalkan seperti mereka lebih suka mempoto anak kecil bahkan mereka kerap kali mengkoleksi benda-benda yang berhubungan dengan pornografi atau bahkan erotis anak.

Dan ironisnya, kebanyakan pelaku kekerasan seksual terhadap anak yaitu orang-orang yang berada di sekitar kita, bahkan orang terdekat, misalkan seperti ayah kandung sendiri, sepupu, paman, atau bahkan pengasuh serta tetangga terdekat yang memang menjadi pelakunya. Maka dari itu, untuk melindungi si kecil dari kasus kekerasan seksual terhadap anak, penting bagi Anda untuk mengenal juga memahami ciri-ciri daro orang paedofil.

Related Posts

Share This