Organ Tubuh Yang Rusak Akibat Asap Rokok

Pada zaman modern seperti saat ini nampaknya kebiasaan merokok sudah hampir menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang di negeri ini. Banyak alasan yang menjadi penyebab seseorang merokok salah satunya untuk menghilangkan stres. Namun pada kenyataannya mereka tidak menyadari akan bahaya jangka panjang yang ditimbulkan oleh asap rokok untuk kesehatan. Gangguan pernafasan merupakan salah satu bahaya yang ditimbulkan akibat asap rokok.

Perokok pasif dan perokok aktif sama-sama akan merasakan dampak negatifnya. Rokok mengandung berbagai zat atau senyawa yang bersifat racun sehingga ketik asap rokok terhirup dan masuk ke dalam pernafasan maka kemungkinan akan menyebabkan penyakit. Resiko dari kebiasan terpapar asap rokok diantaranya yaitu penyakit kanker, bronkitis dan tuberculosis (TBC).

Akibat kebiasaan merokok dan terpapar asap rokok maka ada beberapa organ tubuh yang akan mengalami kerusakan. Berikut penjelasannya.

Organ Mata

Bagi Anda yang memiliki kebisaan merokok sebaiknya waspada akan bahaya yang mengintai kesehatan Anda. Salah satunya yaitu berdampak terhadap kesehatan organ mata. Resiko degenerasi makula sangat mungkin terjadi pada mereka yang merokok.

Organ Jantung

Organ vital yaitu jantung sangat rentan terkena dampak buruk dari asap rokok yang Anda hisap setiap hari. Kandungan zat berbahaya pada rokok akan menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga hal ini mengharuskan jantung untuk bekerja dengan ekstra untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Resiko paling parah yaitu stroke dan serangan jantung.

Ginjal

Menghisap rokok secara terus menerus juga mengharuskan ginjal bekerja lebih keras akibat banyaknya racun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh. Jika hal ini terus berlanjut maka kemungkinan akan terjadi kerusakan pada ginjal Anda.

Paru-paru

Kerusakan pada peru-paru memang kerap kali dialami oleh mereka yang gemar merokok tanpa aturan. Organ yang satu ini memang paling utama terkena dampak dari bahaya asap rokok karena langsung terhirup. Banyak penyakit yang bisa mengancam kesehatan paru-paru Anda jika terus menerus merokok.

Selain kerusakan pada beberapa organ diatas, kebiasaan merokok juga bisa memicu jenis penyakit yang lain seperti kanker pankreas, disfungsi ereksi, diabetes, kanker mulut, impotensi, karusakan pada gigi, kanker darah, kemandulan, gangguan pernafasan dan resiko kecanduan.

Maka dari itu bagi Anda yang saat ini perokok berat sebaiknya segera menjauhi kebiasaan tersebut supata iterhindar dari gangguan kesehatan yang sangat membahayakan. Lakukan kegiatan olahraga secara rutin untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh akibat kebiasaan merokok. Perbanyak juga konsumsi makanan bergizi dan konsumsi air putih.

Menjauhi kebiasaan merokok akan membuat hidup Anda cenderung lebih sehat sehingga terhindar dari resiko penyakit berbahaya. Semoga bermanfaat dan marilah untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Salam sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517