Olahraga Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Perubahan hormon yang terjadi ketika memasuki masa kehamilan sudah pasti akan dirasakan oleh seorang wanita. Akibat adanya perubahan hormon ini ibu hamil akan merasa cepat lelah sehingga membutuhkan banyak istirahat. Akan tetapi olahraga sangat penting untuk di lakukan oleh ibu hamil supaya tetap sehat dan bugar. Intensitas dan pola olahraga untuk ibu hamil tentunya berbeda disesuaikan dengan kondisi ibu hamil supaya tidak mengalami kelelahan.

Beberapa jenis olahraga ibu hamil akan membantu serta mendukung perkembangan janin yang ada di dalam kandungan serta untuk membantu memudahkan dalam kelancaran proses persalinan. Ibu hamil yang aktif bergerak atau melakukan olahraga akan membantu perkembangan otak bayi lebih cepat.

Olahraga untuk ibu hamil

Senam Khusus Ibu Hamil

Porsi senam untuk ibu hamil tentunya memiliki porsi yang berbeda dengan senam yang biasanya. Manfaat dari senam ini adalah untuk melenturkan otot-otot sehingga akan mempermudah dalam proses melahirkan. Selain itu, ibu hamil akan merasa bugar dan akan membuat janin lebih sehat dalam proses perkembangannya.

Langkah pertama sebelum melakukan senam ini atur pernapasan terlebih dahulu dengan posisi duduk bersila. Perlahan-lahan lakukan peregangan dengan menarik tangan keatas terus lakukan peregangan otot leher dengan menarik kepala ke kiri dan ke kanan sambil mengatur pernapasan.

Selanjutnya lakukan posisi duduk dengan kaki di luruskan kedepan dan telapak tangan berada di belakang badan sebagai tumpuan badan. Kemudian telapak kaki digerakan atau diputar  ke depan dan ke belakang. Hal ini sangat bagus untuk memperlancar aliran darah.

Gerakan selanjutnya lakukan dengan posisi berbaring dan tekuk salah satu kaki lalu tarik keatas. Gerakan ini berguna untuk menguatkan otot pada daerah panggul. Kemudian ganti posisi dengan posisi menyamping dan angkat salah satu kaki lalu lakukan gerakan naik turun. Gerakan ini untuk melatih otot paha. Setelah itu ubah lagi tubuh pada posisi berbaring kemudian tarik kedua kaki keatas dengan sedikit ditekuk dan di lebarkan serta atur napas. Gerakan ini sebagai latihan untuk mengejan.

Berenang

Berenang sangat bagus untuk ibu hamil karena dapat melatih otot-otot pada tangan dan kaki. Manfaat lainnya yaitu untuk memperlancar peredaran darah supaya asupan nutrisi serta oksigen yang di butuhkan janin akan maksimal. Memperkuat otot-otot pada daerah pinggang serta punggung dan menyehatkan jantung serta paru-paru. Lakukan olahraga renang ini secara teratur setiap minggunya dengan durasi 30 menit setiap kali berenang.

Senam Kegel

Latihan ini sangat bermanfaat untuk menguatkan otot-otot sekitar panggul dan organ intim wanita serta akan mempermudah dalam proses persalinan.

Bersepeda

Melakukan olahraga besepeda yang di maksud di sini bukanlah bersepeda seperti pada umumnya, akan tetapi bersepeda di dalam ruangan (indoor) dengan sepeda statis. Latihan ini akan sangat berguna untuk memperlancar aliran oksigen untuk bayi, memperkuat otot punggung serta dapat menurunkan menurunkan resiko darah tinggi.

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah pada ibu hamil serta untuk menyehatkan jantung dan paru-paru. Lakukan olahraga jalan kaki ini secara teratur yaitu bisa di lakukan satu kali dalam seminggu dengan durasi 20 menit jalan pelan dan 10 menit jalan agak cepat. Sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil melakukan jalan kaki pada jalur yang tidak datar (menanjak). Hal yang perlu di perhatikan adalah jangan sampai ibu hamil merasa kelelahan karena akan sangat berbahaya bagi janin.

Yoga

Yoga akan membuat ibu hamil merasa lebih bugar dan sangat bagus untuk perkembangan janin. Selain itu, yoga bisa melatih pernapasan serta relaksasi ibu hamil. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi proses persalinan karena ibu hamil akan merasa rileks dan lebih siap menghadapi proses persalinan.

Melakukan olahraga selama hamil memang sangat penting di lakukan untuk menjaga kebugaran ibu hamil, akan tetapi jenis olahraga yang akan dilakukan oleh ibu hamil harus disesuaikan. Jangan melakukan gerakan atau olahraga yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517