Olahraga Yang Baik Pada Waktu Menstruasi

Peningkatan hormon estrogen dan menurunnya kadar hormon progesteron menyebabkan perubahan emosional pada wanita yang sedang menstruasi. Kondisi tubuh yang tidak nyaman, lesu dan lemas pada waktu menstruasi terkadang membuat sebagian wanita merasa malas untuk bergerak atau berolahraga. Selain itu, sebagian wanita beranggapan kalau berolahraga bisa berbahaya pada waktu menstruasi. Persepsi tersebut sebenarnya kurang tepat karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa berolahraga banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Hal ini karena dengan banyak bergerak atau berolahraga akan melancarkan sirkulasi darah sehingga akan meningkatkan kebugaran tubuh.

Olahraga Yang Baik Pada Waktu Menstruasi

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama menstruasi sebaiknya rutin berolahraga. Porsi olahraga untuk Anda yang sedang menstruasi sebaiknya olahraga ringan yang tidak akan menimbulkan kelelahan.

Aerobik

Pada waktu menstruasi biasanya seorang wanita akan lebih sensitif dan moody. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda melakukan olahraga aerobik. Manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan olahraga ringan ini yaitu perasaan akan lebih nyaman dan mengurangi rasa tidak nyaman akibat menstruasi. Selain itu, dengan melakukan olahraga aerobic bisa meningkatkan energi dan suplai oksigen di dalam darah sehingga Anda tidak akan lagi merasa kelelahan.

Baca juga : Menstruasi Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Jogging

Pada waktu menstruasi, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti lari santai atau jogging. Manfaat melakukan olahraga ini yaitu untuk menjaga keseimbangan kadar hormon akibat menstruasi. Kadar hormon estrogen yang meningkat pada waktu menstruasi bisa Anda atasi dengan rutin jogging. Kadar hormon estrogen yang menurun akan meningkatkan proses perombakan glikogen sehingga akan menghasilkan energi dan Anda terhindar dari kelelahan.

Jalan kaki

Jangan anggap remeh manfaat dari olahraga yang satu ini. Meskipun sepintas terdengar sangat sepele, akan tetapi banyak manfaat yang bisa Anda rasakan apabila rutin berjalan kaki. Pada waktu menstruasi, jalan kaki sangat bermanfaat karena akan membuat kondisi tubuh menjagi bugar dan terhindar dari perasaan stres akibat perasaan yang tidak nyaman.

Stretching

Melakukan olahraga stretching bisa membuat kondisi tubuh Anda sehat dan bugar. Olahraga ringan ini sangat cocok dilakukan pada waktu menstruasi. Manfaat lain dari olahraga jenis ini adalah bisa membantu meregangkan dan melemaskan otot-otot Anda yang tegang pada waktu menstruasi sehingga Anda akan merasa nyaman.

Yoga

Olahraga yang satu ini merupakan jenis olahraga yang biasanya disukai oleh semua orang. Pada waktu menstruasi, Anda bisa melakukan olahraga yoga di rumah ataupun dengan mengikuti kelas yoga. Manfaat dari olahraga ini yaitu untuk menjaga kebugaran tubuh, melancarkan peredaran darah pada waktu menstruasi dan menjaga mood yang tidak stabil. Selain itu, yoga juga bisa membantu Anda meredakan rasa nyeri, membuat pikiran rileks dan terhindar dari perasaan stress ketika menstruasi.

Pilates

Jenis olahraga selanjutnya yang bisa Anda lakukan pada waktu menstruasi yaitu pilates. Manfaat dari olahraga ini yaitu untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan suplai oksigen di dalam darah.  Selain itu, olahraga ini akan bermanfaat untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan menjaga keseimbangan otot perut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517