Olahraga Untuk Ibu Hamil yang Baik Dilakukan

Banyak diantaranya para ibu hamil yang mempertanyakan, olahraga yang cocok untuk ibu hamil seperti apa? Menurut Dr. Many Alvarez, masa kehamilan bukanlah satu masa yang menghalangi Anda untuk berolahraga. Justru keadaan tubuh yang semakin hari semakin berat akan terasa lebih segar ketika Anda berolahraga.

Walaupun olahraga ibu hamil boleh di lakukan, pastinya Anda membutuhkan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau bahkan ahli kandungan sebelum Anda melakukan olahraga untuk ibu hamil. Karena pasalnya, ada kondisi tertentu pada ibu hamil yang memang tidak memungkinkan untuk berolahraga.

Misalkan seperti terjadinya, plasenta previa, adanya sejarah persalinan prematur, hipertensi yang berat, atau bahkan kehamilan kembar dua atau bahkan kembar tiga. Jika memang Anda tidak memiliki beberapa faktor resiko tersebut, maka Anda bisa melakukan olahraga buat ibu hamil.

“Menurut pendapat saya, olahraga terbaik selama masa kehamilan adalah prenatal yoga. Alasannya adalah, karena yoga membantu Anda dengan tiga hal dasar yang berpengaruh pada kehamilan, yaitu fleksibilatas, ketenangan mental dan fokus pernapasan,” ujar Dr. Many Alvarez, Hackensack University Medical Center.

Bahkan prenatal yoga telah terbukti memiliki manfaat yang banyak bagi ibu hamil. Jenis olahraga ini nantinya bisa membantu ibu hamil mendapatkan tidur yang nyenyak, yang memang umumnya menjadi satu masalah pada ibu hamil.

Bukan hanya itu, jenis olahraga ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan sejumlah otot, mengurangi adanya gangguan saraf, serta meningkatkan kemampuan kinerja kardiovaskular yang bisa membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Mungkin Anda telah mengetahui, ada beberapa macam pose yang ada dalam yoga yang bisa bumil lakukan. Namun ada beberapa pose atau gerakan yang paling memberukan manfaat yang baik bagi ibu hamil, yaitu:

  1. Sun salutation

Pose atau gerakan ini bisa membantu beberapa otot tubuh anda menjadi lebih kuat, yang mana sangat ideal untuk membantu Anda selama proses persalinan kelak.

  1. Tree pose

Pose ini bertujuan untuk melatih keseimbangan juga kekuatan otot bagian belakang.

  1. Goddess pose

Posi ini bisa membantu Anda mengatasi stress juga rasa cemas selama kehamilan, yang memang bisa memungkinkan Anda untuk membersihkan fikiran juga fokus dengan kehamilan Anda.

  1. Standing flow pose

Posi ini juga bermanfaat untuk melatih kinerja kardiovaskular namun dengan cara yang jauh lebih aman serta resiko yang rendah.

Ketika Anda akan mengikuti kelas yoga, pastikan Anda memilih instruktur yoga yang tepat yang memang memiliki sertifikat. Jangan sampai Anda memilih instruktur yoga yang belum memiliki pengalaman yang banyak. Selain itu, sebelum Anda mengikuti kelas ini, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Related Posts

Share This