Obat Tradisional Untuk Sakit Telinga

Anda pernah mengalami telinga berdengung disertai rasa sakit? Telinga merupakan salah satu bagian dari panca indera yang fungsinya sangat penting yaitu untuk mendengar. Bahkan telinga juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Akan tetapi terkadang ketika menjalankan fungsinya, ada saja gangguan atau kelainan. Nah, salah satunya yaitu sakit telinga.

Telinga berdengun dan sakit bisa disebabkan oleh penyakit seperti tumor pada otak. Kondisi sakit telinga sebaiknya segera ditangani dengan benar sehingga tidak akan membahayakan dan merusak fungsinya. Selain dengan berkonsultasi pada dokter, Anda juga bisa memberikan penanganan dengan obat tradisional. Apa saja obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit telinga?

Jenis Obat Tradisional Untuk Mengatasi Sakit Telinga

Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki sifat antibakteri yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit telinga. Untuk membuatnya sangatlah mudah, haluskan bawang merah dengan cara ditumbuk dan beri sedikit campuran air. Kemudian oleskan pada bagian telinga liar jika sakit tersebut diakibatkan oleh pembengkakan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Selain itu, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengobati sakit telinga. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan menghangatkan minyak zaitun. Lalu masukan kedalam botol yang bersih. Teteskan secara perlahan pada telinga yang terkiena infeksi. Lakukan secara teratur hingga benar-benar sembuh.

Madu

Khasiat madu sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain rasanya yang enak, madu memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah. Manfaatnya untuk kesehatan sangat luar biasa, bahkan bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit telinga. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan madu dan air putih secukupnya. Kemudian gunakan campuran tersebut sebagai obat tetes telinga.

Kunyit

Siapkan kunyit, biji mahoni dan daun iler dan haluskan semua bahan tersebut. Lalu panaskan 3 sendok minyak wijen. Campurkan minyak wijen dan ketiga bahan tersebut. Gunakan sebagai obat tetes untuk mengatasi rasa sakit.

Bawang Putih

Seperti halnya bawang merah, bawang putih bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa sakit pada telinga. Bawang putih memiliki sifat antibiotik alami yang bisa meredakan sakit telinga akibat infeksi bakteri. Rebus bawang putih beberapa saat  dan saring untuk memisahlan antara air rebusan dan minyak bawang putih. Nah, gunakan minyak bawang putih tersebut untuk meredakan sakit telinga dengan cara diteteskan.

Itulah beberapa obat tradisional untuk mengatasi sakit telinga. Jika sakit telinga yang Anda rasakan tak kunjung sembuh dan semakin parah maka segeralah periksakan ke dokter. Jangan menyepelekan sakit telinga karena bisa membahayakan pendengaran Anda. Infeksi pada telinga bisa menjadi konsisi yang lebih parah apabila tidak mendapatkan penanganan secepatnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517