Obat Sariawan Alami Untuk Anak

Sariawan bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia. Baik itu orang dewasa, anak-anak, tua, muda dan siapapun bisa mengalami yang namanya sariawan. Gangguan kesehatan yang terjadi pada mulut ini memang sangat mengganggu dan bisa menurunkan selera makan. Gejala umum yang dialami biasanya terasa sakit dan perih. Bahkan jika kondisinya sudah sangat parah akan terasa sangat sakit sekali sehingga hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja terlebih lagi jika terjadi pada anak-anak. Sebaiknya pilih obat sariawan alami untuk anak sehingga aman dan tidak memiliki efek samping.

Meskipun termasuk gangguan kesehatan ringan, namun sariawan cukup mengganggu terlebih lagi jika yang menderitanya anak-anak. Kondisi ini bisa menurunkan nafsu makan si kecil sehingga dikhawatirkan bisa mempengaruhi kesehatannya. Segera tangani dengan cara yang tepat sehingga hal ini bisa membantu si kecil untuk kembali menikmati makanan. Jangan menyepelekan sariawan yang terjadi pada anak.

Sariawan bisa disebabkan oleh daya tahan tubuh yang mengalami penurunan. Daya tahan tubuh yang menurun tersebut bisa dipicu oleh beberapa hal sepertu cuaca, kurangnya asupan nutrisi dan juga pola makan yang tidak seimbang. Dalam hal ini sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan perbanyak minum air putih sehingga bisa membantu mengembalikan imun tubuh yang mengalami penurunan.

Penyebab lain dari sariawan yaitu kebersihan mulut yang tidak terjaga sehingga menyebabkan iritasi. Kuman dan bakteri yang mengiritasi mulut menyebabkan kerusakan di beberapa bagian seperti gigi dan gusi. Hal ini memicu sariawan yang sangat mengganggu. Selain itu faktor makanan dan minuman juga menjadi pemicu sariawan pada anak. Makanan pedas dan panas bisa menjadi salah satu pemicu sariawan karena jenis makanan tersebut mudah mengiritasi.

Jenis Obat Sariawan Alami Untuk Anak

Sariawan pada anak bisa diatasi dengan ramuan tradisional yang aman dan tanpa efek samping. Penggunaan obat alami memang terbilang sangat aman dan tanpa efek samping. Selain itu obat-obatan alami lebih mudah diperoleh dan harganya lebih terjangkau.

  1. Daun Saga dan Madu

Obat sariawan alami untuk anak yang pertama yaitu daun saga dan madu. Ramuan alami ini sangat mudah untuk diracik di rumah. Caranya yaitu dengan mencampurkan perasan daun naga dan madu dengan takaran 1 sendok. Berikan ramuan tradisional ini secara rutin pada anak hingga kondisi sariawan benar benar membaik.

  1. Pisang dan Madu

Obat sariawan yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan racikan pisang dan madu. Rasanya tentu akan lebih enak daripada ramuan daun saga dan madu. Racik ramuan pisang dan madu kemudian oleskan pada bagian yang terkena iritasi atau sariawan. Lakukan secara rutin hingga kondisinya membaik seperti semula lagi.

  1. Air Kelapa

Sariawan juga bisa dipicu oleh panas dalam sehingga air kelapa bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut. Air kelapa memiliki efek mendinginkan sehingga hal ini bisa membantu meredakan sariawan pada anak. Berikan air kelapa secara rutin pada anak hingga kemudian kondisinya sembuh seperti semula.

Nah, itulah beberapa obat sariawan alami untuk anak yang aman dan tanpa efek samping tentunya. Obat-obatan alami tentunya terbilang lebih aman dan bahkan lebih mudah untuk diperoleh. Namun jika kondisi sariawan tidak kunjung membaik atau makin parah maka sebaiknya periksakan si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

Dalam upaya untuk mencegah sariawan pada anak sebaiknya ajarkan cara hidup sehat dengan rajin gosok gigi sebelum tidur dan setelah sarapan pagi. Selain itu ajarkan si kecil untuk memilih jajanan sehat sehingga hal ini bisa membantu menjaga kesehatan mulutnya. Hindarkan juga si kecil dari jajanan yang terlalu pedas karena merupakan salah satu pemicu sariawan.

Meskipun tergolong gangguan kesehatan ringan, namun sariawan sebaiknya jangan disepelekan. Segera tangani dengan obat sariawan alami untuk anak. Menjaga kesehatan anak merupakan salah satu hal yang sangat penting karena dalam masa pertumbuhan si kecil harus selalu sehat. Jika kondisi tubuhnya terganggua maka bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya dan hal ini sangat berisiko untuk jangka panjang.

Related Posts

Share This