Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Efektif

Obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman juga efektif merupakan jenis obat yang memang tidak menimbulkan efek samping yang buruk terhadap ibu juga janin yang ada di dalam kandungan. Dan hal ini merupakan satu hal yang sangat penting untu diperhatikan, karena banyak diantaranya obat sakit gigi yang memang tidak dianjurkan untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Dengan begitu, Anda harus memilih obat sakit gigi untuk ibu hamil yang baik digunakan.

Namun sebelum kita membahas obat tradisional sakit gigi untuk ibu hamil, apakah Anda tahu kalau ternyata ibu hamil akan jauh lebih rentan terhadap sakit gigi serta beberapa permasalahan lainnya seperti peradangan yang terjadi pada gusi. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari hormon kehamilan yang bisa membuta gusi menjadi llebih sensitif dari sebelumnya. Dan hal ini dibuktikan dari banyaknya pasien yang mengeluhkan sakit gigi atau bahkan gusi, padahal mereka tengah hamil.

Berikut ini ada beberapa cara aman untuk menggunakan obat sakit gigi ketika Anda tengah hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Minum obat pereda nyeri

Salah satu jenis obat untuk meredakan rasa nyeri yang aman dikonsumsi ibu hamil yaitu parasetamol. Parasetamol bukan hanya berfungsi untuk menurunkan panas, namun obatini juga berfungsi untuk meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh sakit gigi. Untuk jenis obat lain yang memang ampuh untuk meredakan sakit gigi, sangat tidak dianjurkan di konsumsi ibu hamil, jika mengingat efek sampingnya terhadap kehamilan itu sendiri. Oleh karena itu, ketika Anda akan menggunakan obat pereda sakit gigi, sebaiknya Anda menggunakan resep dokter.

  1. Obat sakit gigi topikal

Penggunaan obat sakit gigi yang menggunaannya dioleskan pada bagian gigi yang sakit mampu dengan cepat meredakan rasa nyeri di bagian gigi. Obat jenis ini bekerja secara lokal, sehingga sangat aman jika digunakan oleh ibu hamil.

  1. Berkumur dengan air hangat
Baca Juga:  5 Penyebab Utama Sakit Punggung Saat Hamil

Anda bisa mencampurkan air hangat sekitar setengah gelas dengan seperempat sendok garam dapur, setelah itu aduklah sampai merata. Anda bisa menggunkan campuran air garam ini untuk berkumur selama satu menit saja. Cara ini selain berguna untuk meringankan rasa nyeri atau sakit gigi, juga bisa membersihkan sejumlah partikel atau bahkan sisa makanan yang menempel di bagian gigi juga gusi.

  1. Kompres dengan air dingin atau es

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan air es untuk meredakan rasa nyeri di bagian gigi juga gusi. Caranya yaitu Anda bisa mengompres bagian pipi dengan menggunakan air dingin atau air es. Karena suhu yang dingin mampu membantu Anda dalam meringankan rasa sakit.

Namun satu hal yang harus Anda ingat, jangan pernah Anda langsung menemnpelkan es ke daerah gigi, karena hal ini hanya akan membuat bagian gigi atau gusi Anda menjadi semakin sakit.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517