Obat Nyeri Sendi Dengan Konsumsi Makanan Berikut Ini

Nyeri sendi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang seringkali dialami oleh banyak orang. Nyeri sendi terjadi akibat adanya peradangan atau respon imun terhadap kerusakan didalam tubuh. Selama ini mungkin banyak orang yang kebingungan untuk mencari obat nyeri sendi yang ampuh dan manjur. Gangguan kesehatan pada sendi sebenarnya tidak memerlukan obat yang mahal. Masalah ini bisa diatasi dengan mudah dan murah menggunakan obat tradisional. Bahkan yang paling mudah obatnya yaitu dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat.

Nyeri sendi bisa diatasi dengan mudah dengan memperhatikan konsumsi makanan berikut ini. Jenis makanan ini terbukti ampuh bisa meredakan nyeri sendi yang begitu mengganggu. Apa saja jenis makana tersebut? Simak penjelasannya!

Sayuran Berwarna Hijau

Salah satu obat nyeri sendi yaitu dengan konsumsi makanan dari jenis sayuran berwarna hijau. Contohnya seperti kangkung, bayam, brokoli dan lainnya. Kandungan vitamin E pada sayuran bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan dan peradangan. Maka dari itu jangan lewatkan konsumsi sayuran hijau dalam setiap menu makanan yang Anda sajikan. Dengan begitu maka permasalahan nyeri sendi bisa dengan mudah diatasi.

Minyak Ikan

Kandungan omega-3 pada minyak ikan bisa membantu mengatasi peradangan didalam tubuh. Pilihlah jenis ikan seperti salmon, makarel, tuna dan lainnya yang kaya akan kandungan omega-3. Agar khasiatnya tidak berkurang maka sebaiknya perhatikan cara memasak ikan yang baik dan benar. Masak ikan dengan cara dipanggang atau dikukus.

Tomat

Selanjutnya yaitu tomat yang merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan lycopene untuk menurunkan risiko nyeri sendi yang amat menyiksa. Konsumsi tomat secara rutin dan tertur secara langsung ataupun bisa diolah dalam bentuk jus tomat. Hal ini akan membantu meredakan dan mengatasi nyeri sendi.

Cabai

Cabai mungkin sudah tidak asing lagi. Rasanya yang pedas namun banyak disukai oleh kebanyakan orang. Rasanya kurang enak jika masakan tanpa rasa pedas dari cabai. Nah, ternyata dibalik rasanya yang pedas, cabai mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Kandungan capsaicin pada cabai mampu mengurangi peradangan didalam tubuh. Disamping itu, cabai juga memiliki kemampuan dan fungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang membahayakan kesehatan tubuh. Namun tetap saja konsumsi cabai harus dibatasi karena berisiko terhadap kesehatan pncernaan.

Mengatasi nyeri sendi yang masih dalam kategori ringan bisa dilakukan dengan cara tradisional. Namun jika kondisinya sudah cukup parah sebaiknya lakukan penanganan medis agar gejalanya tidak berkembang menjadi lebih parah. Perhatikan perawatan dan penanganan nyeri sendi agar bisa pulih dengan cepat.

Untuk menghindari nyeri sendi bisa dilakukan dengan rutin berolahraga setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu. Aktivitas gerak akan membantu menjaga sendi dan mencegah peradangan pada sendi. Selain itu perhatikan konsumsi makanan sehat setiap hari agar kesehatan sendi terjaga dengan baik. Hindari makanan dan minuman yang terlalu banyak gula, hindari minuman beralkohol dan makanan yang tinggi lemak. Makanan yang kurang sehat bisa memicu peradangan pada sendi.

Menjaga kesehatan sendi sejak dini akan menghindarkan risiko sakit sendi seiring dengan bertambahnya usia. Jika kesehatan sendi diabaikan maka kemungkinan peradangan sendi di usia lanjut akan terjadi. Oleh karena itu jangan abaikan kesehatan Anda, jaga kesehatan sendi saat ini juga. Rajinlah bergerak, olahraga dan perhatikan pola makan sehat sehari-hari. Lakukan saat ini juga, jangan tunggu nanti!

Related Posts

Share This