Obat Maag Alami Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Gejala morning sickness seperti mual, pusing dan muntah seringkali menghinggapi ibu hamil pada usia kehamilan tahap pertama. Hal ini diakibatkan oleh hormon estrogen dan progesterone yang mengalami peningkatan. Disamping itu, peningkatan hormone tersebut bisa memicu kadar asam lambung ikut naik sehingga tidak jarang ibu hamil mengalami sakit maag. Nah, menyikapi hal tersebut maka ibu hamil harus memilih obat maag yang aman.

Sakit maag pada waktu hamil termasuk salah satu gangguan kesehatan yang berbahaya. Hal ini karena bisa menghambat asupan nutrisi untuk janin. Maag harus segera ditangani dengan cara yang benar supaya tidak mengganggu asupan makanan pada waktu hamil. Obat maag yang aman untuk ibu hamil sebaiknya menggunakan ramuan herbal.

Terkait dengan hal tersebut bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia, maka diperlukan obat maag ibu hamil yang aman dan bersifat alami. Berikut beberapa jenis ramuan alami sebagai obat maag yang aman untuk ibu hamil.

  • Pepaya

Pepaya bisa Anda gunakan sebagaio ramuan herbal untuk mengatasi penyakit maag waktu hamil. Cara membuatnya amatlah mudah yaitu dengan menjemur biji pepaya hingga kering kemudian tumbuk hingga halus. Seduh menggunakan air hangat dan minum secara teratur yaitu 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

  • Kunyit

Sediakan kunyit sebanyak 2 batang lalu bersihkan dan parut. Saring untuk diambil sarinya, kemudian seduh dengan air dan ambil air perasan tersebut. Minum 2 kali sehari untuk meredakan penyakit maag yang Anda derita. Kunyit mengandung senyawa anti imflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan.

  • Daun jambu

Daun jambu memiliki banyak khasiat yaitu untuk mengatasi diare dan juga bisa digunakan sebagai obat maag. Siapkan beberapa lembar daun jambu biji dan rebus dalam 1,5 liter air. Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

  • Kacang kedelai

Mengobati maag dengan menggunakan kacang kedelai terbilang cukup aman dan tidak akan menimbulkan efek samping. Untuk membuatnya sangat mudah yaitu dengan menumbuk kacang kedelai kemudian seduh menggunakan air hangat. Air seduhan diminum 3 kali dalam sehari. Ramuan yang satu inin tentunya lebih enak dibandingkan dengan yang lainnya. Namun bagi Anda yang memiliki riwayat alergi sebaiknya menghindari kedelai.

Secara sepintas maag terlihat sebagai keluhan ringan, namun apabila kdibiarkan akan berdampak negatif terhadap kesehatan dan tumbuh kembang janin. Selain itu, kondisi tersebut akan mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Nah, bagaimana bumil mudah bukan untuk mengatasi maag dengan cara yang aman? Disamping mengkonsumsi ramuan tersebut, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Lakukan pemeriksaan terhadap kondisi janin dan mintalah saran dari dokter terkait keluhan yang Anda derita.

Related Posts

Share This