Obat Herbal Untuk Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil

Gejala mual dan muntah di pagi hari merupakan keluhan yang paling umum terjadi pada ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama. Mual pada ibu hamil tentunya akan berdampak terhadap nafsu makan. Kondisi tersebut bisa memicu gangguan kesehatan yang lain seperti dehidrasi dan maag. Disamping itu, asupan nutrisi untuk janin akan terganggu.

Terkait dengan hal tersebut maka gejala mual pada ibu hamil harus segera ditangani dengan cara yang benar. Ibu hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat-obatan dalam mengatasi keluhan tersebut. Lalu bagaimana untuk mengatasi keluhan tersebut? Simak penjelasan mengenai obat mual ibu hamil yang bersifat alami berikut ini!

Jenis Obat Mual Untuk Ibu Hamil

  • Daun Mint

Cara mengatasi mual pada ibu hamil salah satunya yaitu dengan menggunakan daun mint. Kunyahlah beberapa helai daun mint untuk meredakan mual dan menyegarkan mulut Anda selama hamil. Daun mint mungkin susah untuk diperoleh, Anda bisa menggantinya dengan makanan atau permen yang memiliki rasa dari daun mint tersebut.

  • Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi mual pada waktu hamil. Untuk membuatnya amatlah mudah yaitu dengan menghaluskan jahe kemudian seduh menggunakan air hangat. Untuk menambah rasa, tambahkan beberapa sendok madu. Jahe dinilai sangat efektif dan ampuh dalam mengatasi mual.

  • Pisang

Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil karena mengandung vitamin dan mineral cukup tinggi. Konsumsilah buah pisang untuk membantu meredakan mual pada awal kehamilan Anda. Pilihlah jenis pisang dengan rasa manis untuk menghindari penyakit maag.

  • Biskuit

Selain dengan beberapa ramuan herbal diatas, bisakuit bisa dijadikan cemilan sehat pada waktu hamil untuk mengatasi mual. Ketika Anda mulai merasakan mual, cobalah untuk mengkonsumsi 2 atau 3 keping biskuit. Jika memungkinkan pilihlah biskuit gandum supaya mengandung banyak nutrisi untuk menunjang kesehatan Anda.

  • Kacang

Mual pada pagi hari bisa dipicu oleh kekurangan protein. Nah, maka dari itu konsumsilah kacang-kacangan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tersebut dan membantu mengatasi mual. Pilihlah kacang almond, kedelai, kacang hijau maupun kacang tanah. Pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi.

Mudah bukan untuk menkgatasi mual pada waktu hamil? Jika kondisi yang Anda alami tiak wajar dan menyebabkan muntah secara terus menerus, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang ebih baik.

Muntah secara berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi dan menghambat asupan nutrisi untuk janin. Kondisi tersebut tentunya akan memberikan efek negatif untuk kesehatan Anda dan juga janin di dalam kandungan. Konsumsilah air putih sebanyak-banyaknya untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Related Posts

Share This