Obat Gatal Alami yang Berkepanjangan

Obat gatal alami. Apakah Anda sering mengalami atau bahkan Anda pernah menderita gatal, alergi atau bentuk penyakit kulit lainnya yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, atau berkepanjangan? Penting untuk Anda mengetahui beberapa penyebab rasa gatal yang muncul pada kulit yang berkepanjangan serta beberapa faktor lainnya yang memang menjadi pendukung terjadinya rasa gatal pada kulit yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Ketika Anda merasakan gatal, maka Anda harus menghindari untuk menggaruknya pada bagian kulit yang dirasa gatal, karena menggaruk bukanlah salah satu solusi yang baik bagi Anda mengatasi gatal, bahkan dengan Anda menggaruknya, maka kedaan luka akan semakin lebar, sehingga hal ini menjadikan proses penyembuhan berlangsung lama.

Penyakit kulit seperti gatal memang sangat mengganggu Anda, terutama ketika malam hari. Karena ketika malam hari, sejumlah kuman mampu berkembang biak dengan pesat, sehingga kuman sangat mudah untuk menyebar.

Ada beberapa faktor utama yang memang sering menyebabkan gatal, diantaranya yaitu:

1. Reaksi alergi dan iritasi

Sama halnya seperti Anda mengalami alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap hewan, suhu atau bahkan benda tertentu dan maish banyak lagi.

2. Xerosis ( kulit kering )

Keadaan kulit yang kering juga bisa menimbulkan rasa gatal pada bagian kulit Anda. Dikarenakan keadaan kulit yang kering sangat mudah terkena iritasi, terutama ketika kulit berada di bawah sinar matahari.

3. Penyakit atau kondisi kulit tertentu
Keadaan kulit dengan adanya infeksi kuman, bakteri, virus atau bahkan tungau juga mampu menjadi pemicu munculnya rasa gatal, bahkan ketika di garuk bakteri tersebut mampu menyebar sekaligus membentuk lesi atau melepuh yang memang disertai dengan reaksi infeksi, seperti eksim, kudis, psoriasis, folikulitis, juga prurigo.

4. Penyakit dalam

Ada juga beberapa jenis penyakit dalam seperti hepatitis, sirosis, diabetes, penyakit celiac, anemia defisiensi besi, gagal ginjal, gangguan tiroid, leukemia, dan limfoma juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya rasa gatal di bagian kulit. Dan hal ini salah satunya disebabkan oleh faktor darah kotor, sehingga menimbulkan rasa gatal.

Adapun penyebab lainnya, seperti:

  1. Alergi terhadap obat
  2. Gigitan serangga dan parasit
  3. Infeksi
  4. Kondisi psikologis
  5. Menopause

Nah, bagi Anda yang memiliki penyakit kulit, pastinya Anda memiliki rasa keinginan untuk mengobati masalah kulit Anda sampai tuntas, bukan? Maka dari itu, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan guna mengatasi juga mencegah munculnya rasa gatal yang berkepanjangan, yaitu sebagai berikut:

  1. Anda dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi seafood serta jenis ikan asin lainnya.
  2. Hindari untuk mengkonsumsi mentimun. Karena mentimun ini mampu membuat luka gatal yang lama dan mongering kembali basah juga lembab.
  3. Anda tidak dianjurkan untuk menggaruk di bagian yang gatal.
  4. Mandi secara teratur.
  5. Gantilah pakaian secara teratur.
  6. Jika muncul gatal, Anda bisa menggunakan obat gatal yang aman untuk di konsumsi atau di salep yang di oleskan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi rasa gatal yang berkepanjangan. Semoga tips yang kami berikan kali ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah kulit, yaitu gatal.

Related Posts

Share This