Nutrisi Untuk Tiap Tahap Pertumbuhan Anak Perempuan

Asupan gizi yang seimbang merupakan satu hal yang sangat penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Nutrisi atau gizi yang seimbang juga sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Selain itu, kebutuhan gizi yang seimbang akan meningkatkan sistem imun anak sehingga kebal terhadap serangan dan infeksi penyakit. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang maka kebutuhan gizi untuk tubuhnya juga semakin banyak.

Nutrisi untuk tiap tahap perkembangan anak perempuan

5 Nutrisi Yang Sangat Berguna Untuk Setiap Tahap Pertumbuhan Anak Perempuan

  • Kalsium

Anak-anak. Kalsium sangat dibutuhkan oleh anak dalam masa pertumbuhannya. Pada masa pertumbuhan, kalsium berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan rangka pada anak. Selain itu, kalsium juga berguna untuk menstabilkan fungsi jantung, fungsi otot serta fungsi dari darah. Kekurangan kalsium pada anak sangat berpotensi sekali terjadinya osteoporosis.  Hal ini karena kalsium yang ada di dalam tulang terpakai dan  terserap untuk memenuhi kebutuhan kalsium di bagian tubuh yang lain.

Remaja dan dewasa. Fungsi kalsium ketika anak beranjak remaja adalah untuk menjaga kekuatan tulang sehingga kebutuhan kalsium pada usia remaja sangat tinggi. Maka dari itu asupan makanan yang mengandung kalsium harus di tingkatkan supaya kebutuhan tersebut bisa terpenuhi dan tulang tidak akan mengalami gangguan. Selain itu, ketika usia seseorang semakin dewasa maka kalsium sangat dibutuhkan untuk melindungi tulang dari penyakit osteoporosis.

Wanita hamil dan Menyusui. Wanita yang sedang hamil memerlukan asupan kalsium yang mencukupi. Kalsium pada wanita hamil tidak hanya berguna bagi kesehatan tulang sang ibu, akan tetapi juga akan berguna dan dibutuhkan oleh bayi untuk proses pembentukan tulang dan gigi pada bayi. Begitu juga ketika seorang wanita sedang menyusui, asupan kalsium sangat penting untuk dirinya dan juga bayi. Kalsium sangat berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang bayi.

  • Protein

Anak-anak. Pada masa kanak-kanak protein berguna untuk membangun sel dan jaringan didalam tubuh. Protein merupakan zat pembangun dalam tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel, membentuk enzim dan hormon serta untuk meningkatkan sistem imun anak.

Remaja dan dewasa. Pada anak remaja dan dewasa protein berguna untuk memperbaiki dan mengganti sel-sel yang rusak di dalam tubuh serta untuk pembentukan sel darah.

Wanita hamil dan menyusui. Pada wanita hamil protein sangat dibutuhkan dan berguna untuk membangun dan mengganti sel-sel yang sudah rusak didalam tubuh. Selain itu pada wanita yang sedang menyusui protein berguna untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI. Kebutuhan protein pada waktu menyusui sangat banyak karena protein tidak hanya untuk kebutuhan sang ibu akan tetapi juga untuk bayi.

  • Zat besi

Anak-anak. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan zat besi yang mencukupi. Fungsi zat besi pada anak-anak yaitu untuk membantu dalam perkembangan otak dan kecerdasannya.

Remaja dan dewasa. Kebutuhan zat besi pada anak remaja dan dewasa sangat tinggi. Remaja perempuan membutuhkan zat besi yang lebih banyak daripada laki-laki sebab remaja perempuan mengalami yang namanya menstruasi.

Wanita hamil dan menyusui. Zat besi sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil dan menyusui untuk mencegah terjadinya anemia selama masa kehamilan dan menyusui.

  • Vitamin

Anak-anak. Sumber makanan yang mengandung vitamin sangat dibutuhkan oleh anak dalam masa pertumbuhannya. Vitamin berguna sebagai antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dan menangkal radikal bebas yang bisa menghambat pertumbuhan anak.

Remaja dan dewasa. Manfaat vitamin pada usia remaja dan dewasa yaitu untuk membantu dalam menjaga kesehatan organ reproduksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh serta menjaga otot. Selain itu manfaat vitamin banyak sekali untuk tubuh manusia.

Wanita hamil dan menyusui. Vitamin berguna untuk memperkuat sistem syaraf, otot dan jantung. Selain itu, vitamin juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan produksi ASI selama menyusui.

  • Serat dan omega-3

Anak-anak. Manfaat serat untuk anak-anak adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Omega-3 berguna untuk meningkatkan kecerdasan pada anak.

Remaja dan dewasa. Pada usia remaja, serat juga berguna dalam melancarkan pencernaan. Fungsi dari omega-3 selain untuk kecerdasan, juga berguna untuk menyehatkan jantung dan mencegah terjadinya kanker.

Wanita hamil dan menyusui. Omega-3 sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak di dalam kandungan dan anak yang sedang di susui. Serat akan berguna dalam melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Related Posts

Share This