Nutrisi Untuk Kesehatan Mata Bayi

Mata merupakan salah satu indera yang sangat penting bagi manusia untuk melihat benda atau objek yang ada di sekelilingnya. Mata yang sehat akan mampu melihat objek atau benda dengan jelas. Kesehatan mata sangat penting dijaga untuk menunjang normalnya penglihatan serta ketajaman melihat suatu benda. Untuk mendapatkan mata yang sehat dan normal maka perlu diperhatikan asupan berbagai nutrisi atau zat gizi. Supaya mata anak anda sehat dan tidak mengalami kelainan dalam pertumbuhannnya maka anda harus mengetahui berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan mata yang perlu anda berikan sejak dini.

nutrisi mata bayi

Beberapa Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Mata Bayi

  • AA dan DHA

Nutrisi AA dan DHA sangat dibutuhkan oleh retina serta otak untuk membangun jaringan pada saraf utama. Kandungan nutrisi AA dan DHA bisa anda dapatkan dari minyak ikan, ikan laut dan juga terdapat pada ASI. Maka dari itu supaya mata bayi anda sehat maka utamakan untuk memberikan ASI daripada susu formula.

  • Vitamin C

Vitamin C sangat dikenal karena baik untuk kesehatan tulang serta otot dan menjaga dalam kesehatan gigi serta gusi. Selain itu vitamin C juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata dalam mengurangi resiko katarak. Vitamin C bisa diperoleh dari buah jeruk, papaya, stroberi, belimbing, mangga, sayuran seperti bayam, kangkung dan brokoli.

  • Vitamin E

Kandungan vitamin E sangat berguna untuk menghambat penyakit katarak dan memperlambat penyakit katarak apabila sudah terinfeksi. Vitamin E bisa diperoleh dari kacang-kacangan serta sayur-sayuran yang berwarna hijau.

  • Vitamin A

Fungsi dari vitamin A yaitu untuk pertumbuhan serta perkembangan kornea mata, mengurangi resiko katarak, membantu fungsi retina dan membantu mata dalam beradaptasi terhadap sumber cahaya. Makanan yang mengandung vitamin A yaitu semangka, wortel, brokoli, mangga, tomat, hati dan telur.

  • Lutein

Lutein berguna untuk melindungi bagian mata yaitu retina dari radiasi sinar biru serta lutein juga berguna sebagai antioksidan yang sangat alami. Lutein banyak terkandung dalam bayam, wortel, ASI dan daging merah.

  • Taurin

Sumber makanan yang mengandung taurin yaitu daging merah serta susu. Taurin berguna untuk perkembangan retina mata. Apabila kekurangan taurin maka akan menyebabkan rabun mata serta lama kelamaan bisa menyebabkan kebutaan pada mata.

  • Selenium dan zinc

Fungsi dari selenium dan zinc adalah untuk melindungi mata dari radikal bebas yang dapat membahayakan mata, mencegah penyakit mata dan melindungi mata dari sinar ultra violet (UV). Sumber makanan yang mengandung selenium yaitu makanan laut, susu rendah lemak dan kacang-kacangan. Sedangkan zinc bisa diperoleh dari daging merah, yoghurt, keju serta sereal.

Macam-macam nutrisi diatas sangat baik untuk kesehatan mata bayi, akan tetapi bayi tidak mungkin bisa makan semua sumber makanan tersebut. Maka dari itu semua sumber makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata bayi tersebut harus di konsumsi oleh sang ibu dan diberikan pada bayi lewat ASI.

Menjaga kesehatan mata anak memang harus di perhatikan dan dirawat sejak dini dengan asupan makanan yang kaya akan nutrisi atau zat gizi. Asupan nutrisi yang seimbang akan menjauhkan anak anda dari resiko terjadinya kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan indera penglihatan. Selain itu, asupan nutrisi yang seimbang juga akan menunjang dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan semua sistem organ dalam tubuhnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517