Nutrisi Tambahan Untuk Menunjang Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi

Air susu ibu (ASI) merupakan sumber makanan untuk bayi yang bisa mencukupi semua kebutuhan bayi.  Semua kandungan nutrisi yang terdapat pada ASI tidak bisa digantikan oleh sumber makanan yang lain. Pemberian ASI secara ekslusif selama 6 bulan sangat disarankan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemberian makanan padat untuk bayi atau makanan pendamping ASI bisa dilakukan ketika bayi sudah berusia 6 bulan.

Pada waktu memberikan makanan padat untuk bayi, pemberian ASI tidak boleh dihentikan sampai anak berusia dua tahun. Hal ini karena pada usia tersebut bayi masih memerlukan banyak nutrisi untuk pertumbuhan. Selain itu, sistem pencernaan bayi belum berfungsi secara sempurna sehingga pemberian makanan padat tidak bisa dijadikan sebagai makanan utama untuk bayi.

Nutrisi Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi

Setelah bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat, disarankan supaya memberikan makanan yang bergizi sebagai nutrisi tambahan. Selain itu, Anda harus teliti dalam memilih jenis makanan supaya tidak membahayakan kesehatan bayi.

Berikut Ini Ada Beberapa Jenis Vitamin Sebagai Nutrisi Tambahan Untuk Menunjang Pertumbuhan Bayi

Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan mata bayi. Selain itu, vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Vitamin A bisa diperoleh dari ASI selama proses menyusui. Selain itu, vitamin A tambahan bisa diberikan pada bayi melalui asupan makanan yang sehat seperti telur, sayuran berwarna hijau, hati, susu dan buah-buahan.

Vitamin B

Sumber makanan yang mengandung vitamin B sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menunjang perkembangan bayi ketika di dalam kandungan. Setelah bayi lahir, vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin yang paling dibutuhkan oleh bayi untuk mendukung kesempurnaan pertumbuhan bayi. Vitamin B berperan penting dalam pembentukan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Selain itu, jenis vitamin ini bermanfaat untuk menunjang proses metabolisme karbohidrat dan protein di dalam tubuh bayi.

Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C seperti buah-buahan dan sayuran adalah sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dalam mendukung pertumbuhannya. Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan pembuluh darah.

Vitamin D

Vitamin D tidak bisa sepenuhnya diperoleh dari ASI, akan tetapi bayi membutuhkan tambahan vitamin D yang bisa diperoleh dari sinar matahari, telur, ikan, susu dan kacang kedelai. Vitamin D berguna untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga menunjang pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Vitamin E

Nutrisi tambahan lain yang dibutuhkan oleh bayi dalam menunjang pertumbuhannya yaitu vitamin E yang berguna untuk pembentukan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin E bisa diperoleh dari sumber makanan yaitu bayam, brokoli, biji bunga matahari, buah mangga dan kacang-kacangan.

Asam lemak omega-3

DHA atau asam lemak omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Asam lemak omega-3 bisa diperoleh dari sumber makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, buah alpukat, telur dan kacang kedelai.

Related Posts

Share This