Nutrisi Penting Untuk Meningkatkan Kesuburan Sistem Reproduksi

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kesuburan sistem reproduksi. Salah satunya yaitu gaya hidup dan pola makan. Makanan sehat merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang kesuburan sistem reproduksi pria dan wanita. Untuk meningkatkan kesuburan sistem reproduksi diperlukan kombinasi asupan berbagai macam nutrisi seperti vitamin dan mineral.

Nutrisi untuk meningkatkan kesuburan reproduksi

Pola makan dengan asupan gizi yang seimbang memang efektif untuk meningkatkan kesuburan, akan tetapi hal tersebut harus didukung oleh kegiatan lain seperti olahraga. Kebiasaan berolahraga akan memberiikan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan menjaga tingkat kesuburan organ reproduksi. Selain itu, menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol merupakan salah satu faktor yang akan memberikan pengaruh terhadap kesuburan.

Nutrisi Untuk Meningkatkan Kesuburan Sistem Reproduksi

  1. Asam folat

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan kesuburan. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sumber makanan seperti sereal, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau dan buah-buahan. Selain untuk meningkatkan kesuburan, asam folat juga berguna untuk pertumbuhan janin dan mencegah cacat pada janin.

  1. Vitamin B

Vitamin B12 berperan penting dalam menambah dan meningkatkan kualitas sperma pada laki-laki. Sumber makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu ikan, susu dan hati. Sedangkan vitamin B6 berguna untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Makanan yang mengandung vitamin B6 yaitu beras merah, wortel, ayam dan telur. Selain itu, jenis vitamin B seperti asam folat berperan penting dalam proses konsepsi (penyatuan sel telur dan sperma).

  1. Vitamin E

Vitamin E bermanfaat untuk mendukung produksi sel sperma dan mencegah terjadinya kerusakan DNA pada sperma. Bagi wanita, vitamin E dibutuhkan untuk menjaga produksi hormone reproduksi dan endokrin. Selain itu, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang beresiko menyebabkan kerusakan pada DNA sperma. Vitamin E bisa diperoleh dari sumber makanan seperti sayuran hijau tua, kecambah dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin C

Semua jenis vitamin memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi. Vitamin C bermanfaat bagi wanita untuk menjaga keseimbangan hormonal, meningkatkan kesuburan, pembentukan sel telur, menjaga fungsi indung telur dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagi pria, vitamin C berperan penting dalam mencegah penggumpalan sperma dan meningkatkan gerakan sperma supaya tetap aktif. Sumber makanan yang mengandung vitamin C yaitu buah-buahan seperti jeruk, stroberi, sirsak, mangga dan beberapa jenis sayuran.

  1. Seng (zinc)

Seng adalah salah satu unsur nutrisi yang memiliki peranan dalam meningkatkan kesuburan sistem reproduksi. Seng berguna untuk menjaga efektivitas dan fungsi dari organ reproduksi. Unsur nutrisi ini terdapat pada makanan seperti kerang, kacang-kacangan, biji-bijian dan susu.

  1. Selenium

Nutrisi ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan produksi sperma yang sehat. Kekurangan selenium bisa menyebabkan ketidaksuburan (infertilitas) dan disfungsi seksual. Selenium bisa diperoleh dari sumber makanan seperti daging, ikan tuna, tomat, kuning telur dan susu.

Related Posts

Share This