Nutrisi Penting Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

Kesehatan dan kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Hal yang paling utama berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang adalah faktor genetic atau keturunan. Akan tetapi disamping itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi tingkat kecerdasan yaitu faktor eksternal seperti asupan nutrisi. Maka dari itu, kualitas dan kuantitas nutrisi bagi anak harus menjadi prioritas utama dalam menunjang perkembangan otak anak pada masa pertumbuhan. Anda sebagai orangtua harus memberikan asupan nutrisi yang baik untuk mendukung kecerdasan anak.

Nutrisi kecerdasan anak

Nutrisi Apa saja Yang Berperan Penting Dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak? Berikut Ini Ada Beberapa Sumber Makanan Yang Mengandung Nutrisi Untuk Kecerdasan Anak

  1. Ikan salmon

Sumber makanan yang mengandung nutrisi untuk kecerdasan anak yang pertama yaitu ikan salmon. Seperti yang kita ketahui bahwa ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 (EPA dan DHA). Nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak. Anak yang mengkonsumsi ikan salmon akan mempunyai kemampuan berpikir yang lebih baik. Oleh karena itu untuk mendukung dan meningkatkan kecerdasan anak sejak dini sangat dianjurkan untuk menambahkan ikan salmon dalam daftar menu makanan untuk anak Anda.

  1. Sayur-sayuran

Sayuran yang memiliki warna cerah dan mencolok merupakan salah satu sumber makanan iyang mengandung banyak nutrisi untuk menunjang kecerdasan anak. Contoh sayuran tersebut seperti tomat, wortel ataupun bayam. Sayuran yang berwarna cerah mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat dalam menstimulasi sel-sel otak untuk berkembang lebih kuat sehingga hal ini akan menunjang kecerdasan otak anak.

  1. Telur

Telur adalah salah satu sumber makanan yang sangat kaya akan kandungan protein. Selain itu, telur juga memiliki kandungan kolin yang berperan penting dalam mendukung perkembangan memori otak anak. Perlu Anda ketahui dalam memberikan telur untuk anak tidak boleh berlebihan. Hal ini karena telur mengandung kolesterol sehingga apabila berlebihan maka membahayakan kesehatan.

  1. Daging tanpa lemak

Kandungan seng (zinc) yang terdapat pada daging sapi sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan dan memelihara memori otak anak. Selain itu, daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi yang bermanfaat sebagai sumber mineral esensial untuk meningkatkan fokus anak dalam belajar.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan perkembangan otak anak. Kandungan serat pada gandum berguna untuk mengontrol pelepasan glukosa di dalam tubuh. Selain itu, vitamin B pada gandum berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Hal ini tentunya akan mempengaruhi tingkat kecerdasan otak anak.

  1. Kacang-kacangan

Sumber makanan yang selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Cemilan ini bisa Anda berikan pada anak sebagai nuitrisi tambahan dalam menunjang kecerdasan otaknya. Kacang-kacangan mengandung protein, mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi anak. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan secara umum mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan. Salah satu buah yang bermanfaat untuk menunjang perkembangan anak yaitu buah berry. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Biji buah berry juga mengandung asam lemak omega-3 sehingga buah jenis ini sangat tepat sebagai nutrisi kecerdasan anak.

Related Posts

Share This