Nutrisi Penting dan Menu Makanan Sehat Untuk Kehamilan 25 Minggu

Hai Bunda, kini kehamilan Anda sudah menginjak usia 25 minggu. Itu artinya sudah semakin dekat dengan waktu persalinan. Pada kehamilan 25 minggu sistem pernafasan bayi sudah berkembang dengan sangat baik. Paru-paru sudah siap untuk menghela nafas yang pertama kalinya. Bahkan kini jantung bayi sudah terdengar berdegup kencang sehingga Anda bisa mendengarnya.

Usia kehamilan 25 minggu genitalia sudah berkembang dengan sangat jelas dan perbedaannya sudah bisa dikenali. Kini janin sudah memiliki kemampuan untuk mengepalkan tangan dan menyentuh dirinya sendiri. Bahkan yang lebih uniknya lagi yaitu janin sudah mulai menyukai aktifitas dengan badan kiri dan kanan.

Pada 25 minggu kehamilan, perut Anda semakin membesar seukuran bola sepak. Nah, untuk menjaga kehamilan di usia ini maka sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi air putih. Mengapa demikian? Hal ini untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki dan tangan.

Selain itu, untuk menghindari pembengkakan pada kaki dan tangan sebaiknya Anda lebih banyak beraktivitas atau bergerak sehingga pembuluh darah tidak terjadi penyumbatan. Untuk melengkapi kebutuhan cairan, Anda mengkonsumsi buah-buahan.

Kebutuhan Nutrisi  Untuk Usia Kehamilan 25 Minggu

  1. Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi penting untuk menunjang pertumbuhan tulang serta gigi. Kebutuhan kalsium per hari yang harus Anda penuhi yaitu sekitar 1000 mg. Sedangkan kebutuhan minimal untuk vitamin D yaitu sekitar 4000 hingga 10.000 IU per hari atau sekitar 100-250 mcg/hari.

Untuk mencukupi semua kebutuh nutrisi tersebut, Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon, susu dan produk olahan susu, sayuran dan buah-buahan.

  1. Vitamin C dan Vitamin E

Manfaat vitamin C dan vitamin E yaitu mencegah timbulnya gangguan pada kehamilan atau preeklamsia. Semua itu bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi buah-buahan maupun sayuran. Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi.

  1. Asam Folat

Asam folat tergolong nutrisi yang sangat penting untuk kehamilan mengingat fungsinya sangat vital yaitu mencegah terjadinya janin lahir cacat. Selain itu, asam folat bermanfaat untuk menghindari karusakan pada jaringan saraf Anda dan bayi.

  1. Tiamin/Vitamin B1

Nutrisi yang satu ini bisa diperoleh dari gandum dan produk olahanhya. Adapun manfaatnya yaitu untuk membantu pembentukan jaringan otot dan jantung. Bahkan nutrisi ini berperan penting dalam sistem kardiovaskuler.

Menu Makanan Untuk Kehamilan 25 Minggu

  • Breakfast

Bagi usia kehamilan 25 minggu disarankan untuk sarapan dengan menu makanan seperti bubur dengan kombinasi susu manis ataupun sereal. Usahakan supaya sereal tersebut terbuat dari gandum. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi roti gandum dengan selai kacang, yoghurt, telur dadar, jus apel, pepaya ataupun jus jeruk.

  • Lunch

Untuk menu makan siang, Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon, salad, sandwich keju, wortel, kacang panjang, buah anggur, melon, mangga, apel, puding, nuah pir dan pisang. Makanan tersebut kaya akan kandungan nutrisi untuk menjaga kehamilan Anda.

  • Dinner

Menu makan pada malam hari Anda bisa mengkonsumsi sayur bayam, daging panggang, soto ayam, ikan salmon dan sumber protein lainnya. Usahakan untuk olahan daging dimasak dengan benar-benar matang untuk menghindari bakteri.

Tambahan snack atau cemilan pada usia kehamilan 25 minggu yaitu bisa berupa roti pisang keju, roti gulung, yoghurt atau milkshake strawberry.

Demikian jenis nutrisi dan menu makanan untuk usia kehamilan 25 minggu. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517