Nutrisi Pendukung Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Memiliki tulang yang sehat dan kuat merupakan dambaan setiap orang. Menjaga kesehatan tulang adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar tubuh mampu beraktivitas dengan baik. Untuk mendapatkan tulang yang sehat diperlukan asupan nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Nutrisi yang dibutuhkan untuk mendapatkan tulang yang kuat tidak hanya kalsium saja, akan tetapi tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi yang dapat mendukung penyerapan kalsium ke dalam tulang. Kurangnya asupan nutrisi yang membantu penyerapan kalsium pada tulang maka hal ini akan menyebabkan jumlah kalsium yang masuk ke dalam tulang sangat sedikit. Kalsium yang terlalu banyak masuk kedalam tubuh dan tidak terserap ke dalam tulang akan menimbulkan permasalahan dan gangguan kesehatan yang lain. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui jenis mineral yang berguna untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Nutrisi Pendukung Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin D

Salah satu nutrisi yang penting untuk mendukung penyerapan kalsium yaitu vitamin D. Fungsi dari nutrisi ini adalah meningkatkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Vitamin D mempunyai kemampuan dalam mengatur keseimbangan komposisi kalsium dan posfor dalam proses pembentukan tulang. Manfaat lain dari vitamin D yaitu untuk menjaga kekuatan otot, membangun dan memperbaiki tulang sehingga mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari dan sumber makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, hati, telur, ikan sarden dan ikan lele.

Vitamin K

Vitamin K merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk membantu produksi protein yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang. Selain itu, vitamin K juga berguna untuk mencegah terjadinya penumpukan kalsium pada tempat yang tidak seharusnya. Vitamin K bisa diperoleh dari sumber makanan yakni hati ayam, daging, telur, bayam, kubis dan brokoli.

Potassium

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari potassium untuk kesehatan tulang. Pada kenyataannya potassium memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang. Potassium memiliki kemampuan untuk menyerap dan membantu mengembalikan kalsium ke dalam tulang. Makanan yang mengandung potassium yaitu pisang, pepaya, labu, bayam dan kentang.

Magnesium

Magnesium memiliki peranan penting dalam membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tulang. Magnesium akan mengubah vitamin D menjadi senyawa yang lebih aktif sehingga penyerapan kalsium pada tulang akan berlangsung secara optimal. Selain itu proses penyerapan kalsium oleh magnesium yaitu dengan cara merangsang hormone kalsitonin yang berguna untuk menarik kalsium dalam darah kembali menuju ke dalam tulang. Magnesium bisa diperoleh dari bayam, biji-bijian serta kacang-kacangan dan gandum.

Posfor

komponen penting yang selanjutnya yaitu posfor. Jenis mineral ini sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang karena komponen utama dari penyusun tulang adalah garam kalsium posfat. Asupan posfor yang kurang akan mengakibatkan produksi kalsium posfor terhambat sehingga tulang menjadi rapuh. Makanan yang mengandung posfor yaitu ayam, hati sapi, keju, biji labu dan salmon.

Related Posts

Share This