Nutrisi Ibu Hamil: Daftar Mineral Penting Selama Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam menunjang tumbuh kembang janin. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil tersebut, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain kebutuhan vitamin, ibu hamil juga harus mencukupi kebutuhan mineral selama kehamilan.

Kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil berupa mineral sebenarnya bisa dipenuhi dengan cara sederhana yaitu dengan mengkonsumsi air putih. Kandungan mineral air putih sangat lengkap meskipun jumlahnya sangat terbatas. Nah, lalu apa saja jenis mineral penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil? Berikut ulasannya!

Kalsium

Salah satu nutrisi bagi ibu hamil dari golongan mineral yaitu kalsium. Fungsi utama dari kalsium adalah untuk membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin. Kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memelihara kesehatan tulang dan mencegah penyakit pada kehamilan seperti hipertensi. Kalsium bisa diperoleh dari sumber makanan seperti bayam, susu, telur, jeruk, brokoli dan jenis buah-buahan serta sayuran yang lainnya.

Seng (Zn)

Ibu hamil sangat rentan terserang infeksi penyakit. Untuk mencegah hal; tersebut, disarankan untuk mencukupi kebutuhan mineral seng. Fungsi mineral esensial ini yaitu untuk meningkatkan sistem imun pada ibu hamil. Disamping itu, seng juga berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak janin. Sumber makanan yang menyediakan mineral ini yaitu ikan, kerang, kepiting dan beberapa jenis makanan laut lainnya.

Zat besi

Sumber makanan yang menyediakan zat besi yaitu susu, telur, ikan, sayuran dan buah-buahan. Zat besi sangat erat kaitannya dengan produksi darah. Hal ini untuk menunjang transportasi nutrisi dari ibu hamil menuju janin. Jika kekurangan zat besi maka sangat rentan menyebabkan ibu hamil terkena penyakit anemia. Selain itu, asupan nutrisi untuk janin akan terhambat dengan ketiadaan zat besi tersebut. Kondisi ini tentunya akan berdampak buruk terhadap tumbuh kembang janin di dalm kandungan.

Iodium

Secara tidak langsung, iodium merupakan nutrisi yang paling penting bagi ibu hamil dalam menunjang kehamilan yang sehat. Iodium berperan penting dalam pembentukan otak janin, hormone tiroid dan mencegah keguguran. Kekuranagn iodium sangat rentan mengakibatkan keterlambatan perkembangan fisik, kretinisme dan kelainan mental. Sumber iodium yaitu garam, ikan, kepiting dan makanan laut tanpa merkuri lainnya.

Dalam upaya untuk melengkapi kebutuhan mineral pada waktu hamil, konsumsilah makanan bergizi dari kelompok sayuran, buah-buahan, ikan, daging dan jenis makanan sehat lainnya. Sebisa mungkin mineral penting tersebut harus terpenuhi guna mencegah terjadinya kelainan pada janin.

Disamping mencukupi kebutuhan mineral, perhatikan pula kelengkapan nutrisi lainnya seperti vitamin, protein, serat, folat dan kebutuhan cairan. Jika semua kebutuhan nutrisi tercukupi maka resiko keluhan selama hamil sangat rendah. Disamping itu, janin juga akan terlahir menjadi bayi yang sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517