Nutrisi dan Gizi Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Nutri juga gizi ibu hamil merupakan satu hal penting yang harus di penuhi selama proses kehamilan berlangsung. Ketika ibu hamil mendapatkan nutrisi serta gizi ibu hamil yang seimbang, maka resiko akan kesehatan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan akan semakin berkurang. Oleh sebab itu, ibu hami serta keluarga harus benar-benar memperhatikan hal ini. Nutrisi atau gizi ibu hamil kondisinya memang sama dengan proses pengaturan gizi terkait pola makan yang sehat. Namun ada satu yang berbeda, yaitu seoarng ibu hamil harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih jenis makanan yang akan di konsumsinya, hal ini mengingat akan kesehatan janin yang saat itu tengah di kandung.

asupan gizi ibu hamil

Lantas, bagaimana nutrisi serta asupan gizi ibu hamil yang baik? Agar perkembangan janin yang ada di dalam kandungan tumbuh dengan baik, dan ibu mampu menjalani hari-hari kehamilannya dengan baik juga sehat, maka dari itu ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi sebagai berikut ini:

  1. Kalori

Ketika Anda tengah menjalankan proses kehamilan, maka asupan kalori pada tubuh Anda harus bertambah, yaitu sekitar 300-400 kkal setiap harinya. Dan kalori yang di dapat juga harus berasal dari sumber makanan yang berbeda, dan pola makan 4 sehat 5 sempurna harus menjadi acuan awal bagi ibu hamil guna mendapatkan asupan kalori yang baik.

  1. Asama Folat

Ketika Anda hamil, maka asupan gizi ibu hamil trimester 1 harus benar-benar Anda penuhi, misalkan seperti asam folat. Mengapa asam folat? Karena asam folat akan sangat di butuhkan oleh janin guna pembentukan sel juga sistem safraf. Ketika usia kandungan baru memasuki trimester pertama, maka janin akan sangat membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap harinya. Dan jika janin kekurangan asam folat ini, maka hal tersebut justru akan berakibat buruk terhadap perkembangan janin, dan itu akan menyebabkan kelainan terhadap bayi ketika ia di lahirkan.

  1. Protein

Bukan hanya menjadi sumber bagi kalori juga zat pembangun, protein juga berfungsi untuk pembentukan darah juga sel-sel yang ada di dalam tubuh. Dan protein ini di butuhkan oleh ibu hamil sekitar 60 gramĀ  per harinya. Dan sumber protein ini bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan, tahu, tempe, daging, serta putih telur.

  1. Kalsium

Kalsium ini sangat berfungsi untuk pertumbuhan serta pembentukan gigi serta tulang janin yang ada di dalam kandungan. Dengan adanya asupan kalsium yang cukup selama proses kehamilan, maka ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Sumber kalsium bisa Anda dapatkan dari susu, sayuran, juga kacang-kacangan.

  1. Vitamin A

Vitamin A ini sangat di butuhkan untuk pemeliharaan fungsi mata si janin, pertumbuhan tulang serta pertumbuhan kulit. Bukan hanya itu, vitamin An juga memiliki fungsi sebagai imunitas serta pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan si ibu. Tapi satu hal yang harus Anda ingat, walaupun vitamin A ini sangat di butuhkan oleh ibu hamil, namun Anda jangan mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Karena jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara berlebihan, hal ini bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan pertumbuhannya menjadi terganggu.

  1. Zat Besi

Zat besi ini sangat berfungsi untuk proses pembentukan darah, terutama untuk membentu sel-sel darah merah hemoglobin juga mampu mengurangi resiko ibu hamil terkena penyakit anemia. Dan zat besi ini akan di butuhkan ibu hamil ketika memasuki usia kandungan 20 minggu, dan zat besi ini bisa Anda dapatkan dari hati, ikan serta daging.

  1. Vitamin C

Vitamin C di butuhkan ibu hamil untuk menyerap zat besi. Bukan hanya itu, vitamin C juga sangat baik untuk kesehatan gusi serta gigi bayi. Bahkan vitamin C ini juga mampu melindungi sejumlah jaringan dan organ tubuh dari berbagai macam kerusakan anggota tubuh, bahkan mampu memberikan otak berupa sinyal kimia. Dan hal ini akan terjadi karena vitamin C memiliki kandungan antioksidan.

  1. Vitamin D

Vitamin D ini mampu menyerap kalsium, sehingga vitamin D ini sangat memberikan manfaat yang besar untuk proses pembentukan juga pertumbuhan tulang bayi.

Itulah beberapa asupan gizi ibu hamil yang harus benar-benar di perhatikan. Agar bayi Anda bisa lahir dengan sehat juga dengan kualitas yang tinggi.

Related Posts

Share This