Normalkah Jika Anak Suka Bicara Sendiri?

Usia anak-anak merupakan dunia imajinasi dan bereksplorasi terhadap lingkungan. Pada dasarnya anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Selain itu, fenomena yang mungkin Anda jumpai dalam tahap perkembangan anak yaitu kebiasaan berbicara sendiri. Hal ini memang tergolong wajar karena anak sedang bermain dan berimajinasi dengan mainnanya. Namun kerap kali kondisi ini juga membuat para orangtua merasa khawatir. Lalu normalkah jika anak suka bicara sendiri?

Kemampuan berbicara pada anak memang berbeda-beda. Namun pada dasarnya ketika anak berusia 4 tahun sudah memiliki kemampuan untuk bereksplorasi serta bermain dengan benda kesukaannya. Nah, ketika bermain mungkin Anda sering menjumpai anak yang sedang bicara sendiri. Menurut ahli perkembangan anak mengatakan bahwa anak usia 4 tahun memiliki daya imajinasi, eksplorasi dan fantasi yang tinggi sehingga tidak heran jika sering berbicara sendiri.

Dalam hal ini Anda sebagai orangtua jangan langsung menganggap negatif. Kebiasaan berbicara sendiri yang dilakukan oleh anak merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan luar. Disamping itu, sebenarnya kebiasaan berbicara sendiri tidak hanya ditemui pada anak-anak, namun seringkali orang dewasa juga mengalami hal tersebut.

Berbicara sendiri yang dilakukan anak sebenarnya menjadi faktor penting dalam hal perkembangan kognitif anak. Nah, kebiasaan berbicara sendiri tersebut merupakan bagian dari proses berpikir untuk menghadapi dan mempersiapkan diri terhadap situasi tertentu yang akan ditemukan di lingkungannya. Selain itu, berbicara sendiri berkaitan erat dengan kemampuan anak dalam hal mengontrol dirinya.

Menurut sebuah riset tentang kebiasaan anak berbicara sendiri berkaitan erat dengan kehidupan sosial anak dikemudian hari. Hal ini tentunya akan memudahkan anak dalam berkomunikasi dan berinteraksi dalam lingkungan sosialnya kelak. Anda tidak perlu khawatir sebab kebiasaan anak berbicara sendiri akan hilang secara perlahan dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia anak dan mulai memasuki usia sekolah.

Ketika Berimajinasi Anak Seringkali Bermain Dengan Objek

Nah, pada usia 4 tahun seringkali Anda menjumpai anak berbicara sendiri sambil memegang objek seperti mainan. Sesekali si anak akan berbicara dengan mainan tersebut dan menceritakan tentang hal tersebut. Bercerita tentang mainan favoritnya merupakan salah satu cara anak dalam melatih kemampuan. Namun jika si anak bercerita tanpa memegang objek atau hanya berimajinasi maka hal ini disebut dengan fantasi pseudosains.

Imajinasi Dari Tokoh Favorit

Jika anak Anda sering berimanjinasi tentang tokoh favorit seperti superhero maka hal ini tidak menjadi masalah. Namun jika si kecil berimajinasi bukan dari tokoh favorit dan bahkan Anda juga tidak mengetahuinya maka kemungkinan hal ini merupakan fantasi pseudosains.

Imajinasi Normal

Imajinasi normal dikategorikan jika anak Anda sedang bermain dengan benda favorit dan tidak merasakan keglisahan atau ketakutan. Bahkan si kecil akan berhenti ketika bosan. Namun jika anak memiliki imajinasi pseudosains maka cenderung akan menangis dan ketakutan.

Nah, itulah sekilas tentang penjelasan anak yang suka berbicara sendiri. Anda tidak perlu khawatir ketika si kecil kerap kali berbicara sendiri dengan benda favoritnya. Hal ini merupakan salah satu proses perkembangannya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517