Musik Sebagai Media Untuk membuat Bayi Tidur Nyenyak

Kebutuhan bayi yang paling utama adalah tidur dan ASI. Perlu Anda ketahui bahwa ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi sampai berusia 2 tahun. Pemberian ASI secara ekslusif tanpa tambahanan makanan lain dianjurkan selama 6 bulan untuk mengoptimalkan perkembangannya. Selain itu bayi juga membutuhkan waktu istirahat lebih banyak karena proses pertumbuhan terjadi pada waktu tidur.

Kendala yang sering dihadapi oleh para orangtua pada malam hari yaitu kebiasaan bayi yang sering terbangun dan terjaga dalam waktu yang cukup lama. Biasanya ketika bayi berusia 3 bulan akan terbangun lebih sering yaitu setiap 2 atau 3 jam sekali. Kondisi tersebut tentunya akan membuat Anda kerepotan dan berdampak kurang baik juga bagi perkembangan si kecil. Salah satu solusi untuk mengatasi kebiasaan bayi yang sulit tidur setelah terbangun di malam hari yaitu dengan memperdengarkan musik.

Untuk membuatĀ  bayi tertidur kembali, Anda bisa memutarkan musik klasik sebagai pengantar tidur. Musik klasik biasanya digunakan oleh kebanyakan ibu hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan. Namun ternyata musik klasik juga bisa Anda gunakan untuk membuat bayi tertidur nyenyak pada malam hari. Alunan nada yang lembut dari musik klasik akan membuat bayi tenang dan merasa nyaman sehingga membuatnya tertidur kembali.

Selain memperdengarkan musik klasik, Anda juga bisa menyanyikan lagu tersebut secara langsung untuk bayi. Perlu Anda ketahui bahwa lagu pengantar tidur yang Anda nyanyikan untuk bayi merupakan salah satu bentuk kelembutan atau ungkapan kasih sayang dalam bentuk syair dan melodi yang akan memberi ketenangan untuk bayi. Selain itu, lagu yang Anda nyanyikan bisa menjadi perantara untuk mempererat hubungan batin dengan si kecil. Bayi akan cenderung merasa nyaman ketika mendengar suara lembut Anda dan membuatnya kembali tertidur nyenyak.

Lagu pengantar tidur ataupun musik klasik juga bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan indera pendengaran bayi, perkembangan emosional dan intelegensi. Disamping itu, lagu yang Anda nyanyikan untuk bayi berguna untuk menstimulus kemampuan berbahasa. Maka dari itu sebaiknya Anda menyanyikan lagu yang beragam untuk membantu si kecil dalam mengenal lebih banyak kosa katan dan bahasa.

Musik klasik adalah salah satu alternatif untuk membuat bayi tenang dan merasa nyaman sehingga tertidur dengan nyenyak. Memperdengarkan musik klasik juga berguna untuk mengatur jadwal tidur si kecil sehingga ketika tiba-tiba terbangun pada malam hari maka Anda tidak akan kesulitan untuk membuatnya kembali tertidur.

Musik adalah salah satu cara untuk membuat bayi tidur nyenyak, namun disamping itu Anda juga harus memperhatikan faktor lain yang menunjang kenyamanan bayi untuk tidur. Salah satunya yaitu kondisi tempat tidur, kebersihan popok dan kondisi perut si kecil. Pastikan si kecil benar-benar nyaman berada diatas tempat tidur dengan kondisi perut kenyang dan popok dalam keadaan kering. Dengan begitu si kecil lebih mudah untuk tidur nyenyak dan kemungkinan untuk bangun pada malam hari sangat kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517