Mitos dan Fakta Seputar Tumbuh Kembang Janin Dalam Kandungan

Kehamilan membutuhkan perhatian khusus untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Banyak hal yang dianjurkan bagi ibu hamil sebagai upaya untuk menjaga kehamilan sehat hingga tiba waktunya persalinan. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Asupan nutrisi dari makan bergizi penting untuk diperhatikan selama hamil sebagai upaya memberikan yang terbaik bagi janin.

Para ahli kesehatan merekomendasikan supaya ibu hamil mencukupi semua kebutuhan nutrisi yang meliputi vitamin, protein, lemak, karbohidrat dan beberapa meineral penting. Selain untuk perkembangan secara fisik, makanan bergizi juga bermanfaat untuk pertumbuhan secara psikologis pada janin. Disamping itu, asupan nutrisi akan berpengaruh terhadap perkembangan otak janin sehingga kecerdasannya akan mulai terbentuk sejak dalam kandungan.

Berikut Ini Seputar Mitos dan Fakta Tumbuh Kembang Janin

  • Musik klasik untuk meningkatkan IQ janin

Banyak mitos beredar bahwa memperdengarkan musik klasik akan memberikan dampak positif bagi janin di dalam kandungan. Musik klasik akan mempengaruhi kecerdasan janin. Sebenarnya hal ini bukanlah mitos semata karena para ahli kesehatan sudah mengkaji dan meneliti kebenaran tersebut. Secara umum janin yang diperdengarkan musik klasik cenderung lebih tenang sehingga proses perkembangannya berlangsung dengan baik.

  • Kebiasaan mengajak bayi berbicara dengan bahasa isyarat adalah stimulus agar perkembangan bicaranya lebih cepat

Banyak yang mempercayai bahwa mengajak janin di dalam kandungan berbicara adalah salah satu stimulus supaya kemampuan bayi setelah lahir cepat berkembang terutama dalam hal berbicara. Bahasa isyarat yang digunakan untuk mengajak anak berbicara bisa menggunakan mimik muka dan sentuhan lembut. Bahasa isyarat merupakan salah satu langkah awal dalam menstimulus kemampuan si kecil untuk mengembangkan kemampuan bicaranya.

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut, akan tetapi penggunaan bahasa isyarat bisa Anda lakukan sebagai salah satu upaya untuk merangsang perkembangan anak. Pada dasarnya hal ini sebagai langkah awal untuk anak mengembangkan kemampuan bicaranya.

  • Penggunaan alat bantu jalan tidak baik untuk bayi

Menurut sebuah riset mengemukakan bahwa penggunaan alat bantu jalan pada bayi akan berpengaruh terhadap kemampuan berjalan. Disamping itu penggunaan alat bantu tersebut sangat rentan mengakibatkan si kecil terjatuh. Alangkah lebih baiknya jika Anda mengajari si kecil untuk berjalan secara alami tanpa menggunakan alat apapun.

  • ASI sebagai nutrisi terbaik

Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik dengan beragam manfaat yang luar biasa bagi bayi. ASI tidak bisa digantikan oleh susu formula ataupun jenis makanan lain sebab komposisinya beda dan tergolong lengkap. Maka dari itu menyusui selama 6 bulan pertama secara ekslusif sangat dianjurkan untuk menunjang tumbuh kembang bayi.

Itulah beberapa mitos dan fakta seputar perkembangan bayi. Asupan makanan bergizi merupakan salah satu cara terbaik dalam membantu perkembangan anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517